TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Pembukaan GIIAS 2022

Airlangga Beberkan Dukungan Pemerintah Untuk Utilitas Industri Otomotif

Laporan: AY
Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:29 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto pada pembukaan GIIAS 2022. Foto ; Istimewa
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto pada pembukaan GIIAS 2022. Foto ; Istimewa

TANGERANG - Industri otomotif Indonesia merupakan pasar kendaraan bermotor terbesar di ASEAN yang diproyeksikan memiliki prospek menjanjikan di masa mendatang bagi perekonomian nasional. Tumbuhnya perekonomian tersebut didorong adanya penyerapan tenaga kerja yang tinggi, penggunaan komponen dalam negeri, peningkatan daya tarik investor, serta pengurangan impor pada sektor otomotif dalam negeri.
Prospek menjanjikan industri otomotif tersebut kian diperkuat dengan berbagai capaian seperti wholesales pabrik ke dealer mobil baru pada Juni 2022 tercatat sebanyak 79,1 ribu unit atau tumbuh 8,87 persen (yoy). Selain itu, sektor industri alat angkutan sendiri juga mengalami pertumbuhan signifikan pada Kuartal II-2022 hingga mencapai sebesar 7,35 persen (yoy) dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 1,36 persen.
Mencermati berbagai potensi dan capaian tersebut, Pemerintah terus melanjutkan upaya penguatan industri otomotif melalui berbagai kebijakan. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan, pertumbuhan ekonomi kuartal II-2022 mencapai 5,44 persen, dengan sektor yang berkontribusi terhadapnya adalah otomotif.

“Untuk itu, Pemerintah telah memberi kontribusi yang besar bagi penjualan otomotif salah satunya melalui dukungan konkret PPnBM tahun 2021 yang mencapai Rp4,63 triliun,” ungkapnya, saat menyampaikan keynote speech sekaligus membuka secara resmi Pameran the 29th Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, di Indonesia Convention Exhibition BSD City, Tangerang, Kamis (11/8).

Airlangga menerangkan, guna mendorong konsumsi serta peningkatan utilitas industri otomotif pada 2022, Pemerintah melanjutkan relaksasi atas Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) bagi kendaraan bermotor melalui pemberian insentif pengurangan PPnBM 100 persen bagi pembelian KBM-R4 dengan segmen harga jual (on the road price).
Selain itu, melirik peluang yang besar pada mobil listrik (electric vehicle/EV), serta guna mendukung agenda Conference of Parties tentang Perubahan Iklim (COP21), Pemerintah juga telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 55/2019 tentang Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBL BB)/BEV Untuk Transportasi Jalan. Kemudian, Pemerintah juga melakukan percepatan pembangunan infrastruktur energi baru terbarukan dan pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik/KBL-BB.

Guna mendukung kebijakan pengembangan KBL-BB tersebut, Pemerintah juga telah menetapkan kebijakan yang mengatur mengenai pengenaan tarif PPnBM berdasarkan tingkat emisi karbon kendaraan bermotor. Di samping berbagai kebijakan tersebut, Pemerintah turut mendorong PLN untuk berkomitmen menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bagi masyarakat serta memberikan insentif harga khusus dan diskon tarif untuk mempermudah home charging sehingga dapat mendorong utilitas dan penjualan KBL-BB. 
Airlangga juga menyampaikan bahwa penggunaan EV dalam penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia sebagai bukti komitmen Presidensi Indonesia dalam menjadi lead by example untuk isu transisi energi, lingkungan, dan perubahan iklim. Dengan berbagai kebijakan yang telah diberikan tersebut, Airlangga berharap agar utilitas EV dapat meningkat di kalangan masyarakat sehingga mampu memperkuat industri otomotif dalam negeri.
“Dengan fasilitas Pemerintah, Pemerintah berharap EV dapat dijual di dalam negeri dengan harga yang kompetitif dan tentu bisa mendorong produksi EV di Indonesia,” tutupnya. (AY/rm.id)

Komentar:
Eka hospital
Jadwal Puasa
Rspb
RsPB
Loker
ePaper Edisi 28 Maret 2024
Berita Populer
02
PKS Jagokan Kader Di Pilkada Tangsel

TangselCity | 2 hari yang lalu

06
Prakiraan Cuaca Tangerang Rabu 27 Maret 2024

Pos Tangerang | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo