TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Atasi Kabel Menjuntai, Pemkot Tangsel Mulai Melakukan Penataan Jaringan Kabel

Laporan: Gema
Kamis, 18 April 2024 | 15:46 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIATER - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kota Tangsel, mulai melakukan kegiatan penurunan kabel udara menjadi kabel bawah tanah.

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, mengatakan hal ini dilakukan agar tidak ada lagi kabel menjuntai di kawasan Kota Tangsel yang dapat membahayakan para pengguna jalan maupun pejalan kaki.

“Kita targetnya Tangerang Selatan itu ke depan terbebas dari kabel-kabel yang menjuntai melintang di atas, jadi kita targetnya semua kalau tidak bawah tanah kita rapihkan one pull untuk beberapa operator, tapi rapih,” ucap Pilar, Kamis (18/4/2024).

Setidaknya, ada 5 ruas jalan di Kota Tangerang Selatan yang akan dilakukan relokasi kabel yakni di Jalan Kelurahan Ciater, Jalan Serua Raya, Jalan WR. Supratman, Jalan Merpati Raya, dan Jalan Menjangan Raya.

Pihak Pemkot Tangsel juga sudah berkoordinasi dengan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) untuk melakukan relokasi kabel ini.

“Tiang-tiang yang dimiliki oleh Apjatel atau pengusaha telekomunikasi kita pangkas semua, semuanya kita masukkan ke dalam (tanah), mereka sudah siap tanpa APBD, jadi semuanya biaya dipersiapkan oleh temen-temen pengusaha jasa telekomunikasi,” ungkapnya.

Untuk mengatasi kabel menjuntai di beberapa kawasan lainnya, juga akan dilakukan penataan kabel, meskipun tidak dimasukkan ke dalam tanah.

“Ada beberapa jalan juga yang mungkin tidak subduct, ada satu pull untuk beberapa vendor itu bikin lebih rapih, tapi untuk beberapa ruas jalan yang memungkinkan kita masukin subduct di bawah tanah,” jelas Pilar.

Penataan kabel udara tersebut juga akan dilakukan dalam waktu dekat, dengan target rampung pada tahun 2024 ini.

“Tahun ini sudah dimulai insya Allah dalam waktu dekat-dekat inilah, April atau Mei ini,” tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo