TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tiga Rute Baru Transjakarta Siap Beroperasi Dari Terminal Pondok Cabe

Pemkot Rekomendasikan Ke BPTJ & Kemenhub

Laporan: Idral Mahdi
Jumat, 26 April 2024 | 07:45 WIB
Bus Transjakarta
Bus Transjakarta

SERPONG -Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) merekomendasikan rute Transjakarta baru yang akan beroperasi dari Terminal Pondok Cabe, Kecamatan Pamulang. Ketiga trayek itu melayani hingga tiga lokasi tujuan akhir yakni, CSW Jakarta Selatan, Kampung Rambutan, dan Tanah Abang.

Kepala Seksi Angkutan Orang dan Barang Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel, Galang Andhika mengatakan, pihaknya telah memberikan rekomendasi atau pendapat teknis terkait rute baru Transjakarta yang akan dioperasikan tersebut kepada pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Pemkot melalui Dishub Tangsel itu kewenangannya dimintai advice atau pendapat teknis trayek yang akan dikeluarkan izin oleh BPTJ itu seperti apa gambarannya,” ujarnya.

Galang mengungkapkan, Pemkot Tangsel memberikan rekomendasi kepada BPTJ dan Kemenhub untuk segera mengoperasikan 3 rute trayek baru.

“Kita memberikan rekomendasi 3 trayek yang akan dimulai dari Terminal Pondok Cabe. Jadi untuk masyarakat Tangsel yang pergerakannya atau aktivitasnya ada di Jakarta nantinya bisa menggunakan armada tersebut,” ucapnya.

Ketiga rute trayek tersebut nantinya akan ditopang oleh 51 armada Transjakarta. Dengan ada alternatif baru transportasi massal tersebut, diharapkan masalah kemacetan di Kota Tangsel dapat berkurang.

“Jadi masing-masing rute itu sudah ada hitungannya berapa unit armada agar nantinya masyarakat tidak menunggu terlalu lama. Untuk jam operasional seluruh armada itu yang menentukan BPTJ atau Transjakarta, tapi biasanya akan dilakukan di jam-jam sibuk,” tambahnya.

Galang menuturkan, rencana tersebut diprakirakan akan segera beroperasi dalam waktu dekat setelah rekomendasi yang pihaknya berikan diterima oleh pihak BPTJ, Transjakarta, dan Kemenhub.

“Mungkin bisa diprakirakan bulan depan sudah bisa beroperasi, soalnya mereka sudah siap armada, dan segala macamnya. Karena sebenarnya perencanaan ini sudah dilakukan sejak lama,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo