TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Proyek IKN Dikebut, Insya Allah Agustus Besok Mencapai 80 Persen

Oleh: Farhan
Rabu, 08 Mei 2024 | 09:50 WIB
Rumah Menteri di IKN yang telah selesai dibangun. Foto : Ist
Rumah Menteri di IKN yang telah selesai dibangun. Foto : Ist

IKN - Pemerintah tancap gas menyelesaikan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan optimistis pembangunan IKN akan mencapai 80 persen pada Agustus mendatang.
“TADI dilihat jalan tol sudah hampir selesai semua. Memang masih sedikit-sedikit jalan yang kurang bagus, tapi saya kira itu masalah proses dan 80 persen sudah bisa selesai sampai Agus­tus,” kata Luhut.
Hal itu disampaikan Luhut saat mengecek proyek IKN di Penajam Paser Utara, Kaliman­tan Timur, Selasa (7/5/2024).
Melihat kemajuan besar di IKN, eks Menko Polhukam ini pede alias percaya diri, penyelenggaraan upacara Hari Ulang Tahun Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 bisa digelar di IKN.
“Bukan hanya tol saja, tapi yang lain-lain saya kira sudah berjalan dengan baik. Tapi untuk semua ya nanti selesai kira-kira setahun lagi,” ungkapnya.

Luhut menjelaskan, kesiapan infrastruktur di IKN saat ini sudah sangat baik. Misalnya, pembangunan jalan tol Balikpapan menuju IKN yang hampir selesai.

Selain itu, proyek Bandara VVIP IKN bisa beroperasi di 17 Agustus. Nantinya, Bandara VVIP bisa langsung menerima penerbangan maskapai secara umum.
“Airport itu bisa didarati dan mengakomodasi 3 pesawat untuk tanggal 17 Agustus,” jelasnya.

Luhut juga memastikan Pemerintah akan menyelesaikan 2.086 hektare lahan yang belum clear. Lahan yang belum clear tersebut ada rumah-rumah dan kebun warga.
Untuk itu, dengan relokasi, Pemerintah akan membangunkan hunian baru. Pembangu­nannya akan diserahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Tidak ada rakyat yang dirugikan sama sekali,” tegasnya.
Sementara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, perkembangan pembangunan Istana sudah hampir 70 persen dan persiapan lapangan upacara nyaris rampung.

“Lapangan upacara saya kira sudah 90 persen siap. Rumput-rumput ini sudah kita siapkan. Semua yang bendera sudah akan dipasang. Istana itu sudah, nanti Juni selesai,” ungkapnya.
Basuki menjelaskan, pada saat penggunaannya nanti, lapangan ini mampu menampung 8.000 orang.
“Penyelenggara upacara adalah Bapak Kementerian Set­neg dan Kepala Sekretariat Presiden. Beliau harus mempertimbangkan kesiapan pelak­sananya. Prasarana-pelaksana, prasarana untuk pelaksanaan, itu akan memanfaatkan 4 kantor,” ujarnya.

Untuk bandara, kata Basuki, akan melaksanakan uji coba (commissioning) pada Juli 2024.
Basuki mengatakan, landasan pacu (runway) Bandara VVIP IKN sepanjang 3.000 meter, tapi yang fungsional untuk upacara 17 Agustus 2024 baru sepanjang 2.200 meter.

Komentar:
Eka Hospital
Perkim
Bapenda
ePaper Edisi 20 Mei 2024
Berita Populer
03
06
Pesawat Latih Jatuh di BSD Memakan 3 Korban Jiwa

TangselCity | 12 jam yang lalu

09
Jelasin Kenapa Uang Kuliah Mahasiswa Mahal

Nasional | 1 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo