TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

BMKG Kenalkan Fenomena Cuaca Ke Siswa MTsN1 Tangsel

Laporan: Idral Mahdi
Kamis, 16 Mei 2024 | 08:00 WIB
MTsN 1 Tangsel gandeng BMKG untuk memberikan pelatihan cuaca terhadap para siswa.(dra)
MTsN 1 Tangsel gandeng BMKG untuk memberikan pelatihan cuaca terhadap para siswa.(dra)

PAMULANG-Bersama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), siswa MTsN 1 Tangerang Selatan (Tangsel) diberikan pemahaman dan juga pembelajaran terkait cuaca, kemarin.

Kepala MTsN 1 Tangsel, Ade Zaenudin mengatakan, kegiatan itu dilakukan bertujuan memberikan pengalaman nyata kepada siswa dalam memahami fenomena cuaca dan iklim.

“Dalam kegiatan pembelajaran langsung seperti ini, siswa-siswa MTsN 1 Tangsel akan belajar bukan hanya mengenai teori, tetapi juga terlibat langsung dalam pengamatan dan pengukuran unsur-unsur cuaca,” ujar Ade.

Dengan kerjasama itu, Ade berharap antar sekolah dengan lembaga-lembaga terkait lainnya bisa terus berlanjut.

“Sehingga siswa-siswi dapat memperoleh manfaat yang optimal dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam, khususnya terkait cuaca dan iklim,” tuturnya.

Eka Munawaroh selaku Wakil Kepala Kurikulum MTsN 1 Tangsel juga mengungkapkan pendapat serupa. Dia menjelaskan, bahwa pembelajaran bersama BMKG secara langsung sangat bermanfaat bagi para siswa, dimana mereka dapat melihat secara nyata bagaimana alat-alat meteorologi bekerja dan memahami proses pengumpulan data cuaca.

“Siswa-siswi diajak untuk mengamati dan mengukur berbagai unsur cuaca, seperti suhu, kelembapan, angin, tekanan udara, dan curah hujan. Mereka juga mendapatkan penjelasan langsung dari petugas BMKG mengenai cara kerja alat meteorologi serta interpretasi data cuaca,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, melalui kegiatan belajar langsung ini, siswa-siswi MTsN 1 Tangsel juga memperoleh pemahaman tentang peran yang dimainkan oleh BMKG dalam memantau dan memprediksi cuaca, serta bagaimana informasi tersebut dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui pembelajaran langsung bersama BMKG, diharapkan siswa-siswi MTsN 1 Tangsel tidak hanya akan memperoleh pengetahuan teoritis, tetapi juga pengalaman praktis yang dapat membantu mereka memahami fenomena cuaca secara lebih komprehensif.(dra)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo