TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Acara Agustusan Di IKN Tetap Berjalan Sesuai Rencana

Laporan: AY
Kamis, 06 Juni 2024 | 08:25 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau proyek di IKN. Foto : Ist
Presiden Jokowi saat meninjau proyek di IKN. Foto : Ist

IKN - Pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hampir rampung. Begitu juga lapangan di depan Istana, sudah hijau dan cantik. Maka, rencana Agustusan di IKN nanti, masih on schedule dan tidak ada perubahan.

Rabu (5/6/2024), Presiden Jokowi mengecek langsung progres pembangunan IKN. Termasuk pembangunan Istana Kepresidenan dan lapangan yang akan dijadikan lokasi upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79, 17 Agustus mendatang.

“Kira-kira pertengahan Juli sudah siap dan akan mulai untuk persiapan upacara 17 Agustus,” kata Jokowi, di lokasi IKN.

Presiden juga memastikan, lokasi yang akan dipakai untuk upacara peringatan HUT RI ke-79 juga sudah on the track.

“Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, tidak ada masalah di lapangan. Tadi kita cek satu per satu dari lokasi venue, kemudian tata urut upacara, semuanya sudah tidak ada masalah,” jelasnya.

Jokowi juga menyatakan kesiapannya untuk berkantor di IKN Nusantara, Juli ini. Sekarang, mantan Wali Kota Solo itu bilang tinggal menunggu ketersediaan air saja.

“Kemarin kita sudah resmikan Bendungan Sepaku Semoi, tinggal menunggu pompa untuk menaikkan air, kemudian dialirkan ke bangunan dan rumah-rumah di IKN,” paparnya.

Di kesempatan sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono menjelaskan, Bendungan Sepaku Semoi siap memasok kebutuhan air baku untuk IKN Nusantara.

“Bendungan Sepaku Semoi berfungsi untuk penyediaan air baku di kawasan IKN dengan kapasitas sebesar 2.000 liter/detik dan untuk Balikpapan sebesar 500 liter/detik,” rinci Basuki.

Selain itu, lanjut dia, jalan tol akses IKN dapat fungsional sebelum pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 di Nusantara. Sebab, jalan tol IKN Nusantara ini akan menjadi akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Jalan Tol IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM (kilometer) 8 - Kariangau. Nantinya tidak perlu lagi melewati Tol Balsam hingga KM 33.

Lalu menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara yang membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu.

Sementara itu, Kurator IKN Ridwan Kamil yakin dalam dua bulan ke depan, KIPP IKN akan persis seperti Jakarta. Karenanya, Ridwan Kamil optimis KIPP IKN akan siap dipakai untuk upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 RI. Terlebih, progres pembangunan sudah masuk 80 persen.

“Bangunan itu belum dikacain. Jadi, per hari ini Anda masih melihat kayak struktur saja. Nanti Anda datang dua bulan udah kayak Jakarta saja, tapi bedanya di sini hutan,” sebut pria yang akrab disapa Emil itu.

Kendati demikian, Emil mengakui tetap ada perbedaan antara IKN Nusantara dengan Jakarta. Utamanya perihal pemandangan. Di mana, ibu kota negara baru dibangun dengan konsep hijau. Kawasan hutan akan mendominasi. Pepohonan akan menjadi daya tarik utama di ibu kota baru itu.

“Kita tak memindahkan wajah Jakarta ke IKN, tapi kalau di sini itu wajahnya hutan, di balik hutan itu ada bangunan. Kalau Sudirman-Thamrin kan bangunannya yang berebut atensi,” papar eks Gubernur Jawa Barat itu.

Terpisah, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memastikan bakal mempersiapkan bus listrik untuk mendukung upacara HUT RI ke-79 di IKN. Menyoal jumlah bus listrik yang dikerahkan, Kemenhub akan menyesuaikan jumlah peserta upacara 17 Agustus di IKN.

“Sudah disiapkan, sedang dibicarakan dengan pihak otoritas. Nanti berapa unit dan sebagainya akan kita sesuaikan juga dengan berapa orang yang nanti akan datang,” jelas Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati.

Adita menambahkan, pihaknya pasti akan menggandeng vendor untuk menyediakan ratusan bus listrik tersebut. Dua nama penyedia bus listrik yang sudah dikantongi Kemenhub adalah Damri dan Bluebird.

Di dunia maya, warganet mengaku tak sabar menyaksikan upacara bendera di IKN, Agustus nanti. “Pemerintah Indonesia siap menyelenggarakan Upacara HUT RI di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru! Ini adalah momen bersejarah yang menunjukkan komitmen terhadap pembangunan dan kemajuan bangsa,” tulis @ZikriSoheh sembari menyertakan hastag #iknnusantara.

“Kebayang akan epik sih acara 17-an nanti di IKN,” timpal @praburevolusi dengan emoji menyala.

Akun @endanghidayat bahkan meminta Presiden Jokowi segera melakukan simulasi upacara bendera di IKN.

“Ayo Pak gladi resik upacara HUT RI di IKN sekarang. Harus sekarang, Pak. Makin banyak yang hadir makin sukses,” usulnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo