TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ilham Habibie Kandidat Bacagub Jabar Dari Nasdem

Laporan: AY
Jumat, 07 Juni 2024 | 09:40 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAWA BARAT - Persaingan sejumlah nama di bursa bakal calon kepala daerah menjelang Pilkada 2024, semakin terasa.

Nama-nama bakal calon kepala daerah muncul ke publik, menyemarakkan persaingan di berbagai provinsi, kota dan kabupaten.

Salah satunya adalah kemunculan nama Ilham Akbar Habibie. Anak mantan Presiden BJ Habibie ini, muncul sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) Jawa Barat.

Pada Kamis (6/6/2024), Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh memberikan surat rekomendasi kepada Ilham Habibie sebagai Bacagub Jawa Barat.

“Saya yakin dan percaya, ini tokoh muda yang energik, punya latar belakang pendidikan intelektualitas,” kata Surya di NasDem Tower, Jakarta, saat menyerahkan surat rekomendasi itu kepada Ilham.

Ia menekankan, bagi NasDem, penunjukan Ilham adalah proses pendidikan politik yang harus bisa dijalankan bersama-sama.

Bagaimana dengan kans Ilham? Meskipun situasi politik masih dinamis, Surya optimistis melihat rekam jejak NasDem di Pilkada yang masuk dalam mayoritas partai yang memenangi Pilkada.

Untuk memuluskan pencalonan Ilham, Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa akan berkomunikasi dengan partai lain.

"Kami membangun komunikasi yang intensif dengan partai-partai. Seperti Ketua Umum sampaikan, kami akan membangun koalisi strategis di Jawa Barat," ucapnya.

Lalu, bagaimana respons partai lain tentang rekomendasi NasDem itu? Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily mengaku tak khawatir dengan munculnya nama Ilham.

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Ace Hasan Syadzily mengenai hal tersebut.

NasDem ingin mengusung Ilham Habibie di Pilgub Jabar. Tanggapan Anda?

Setahu saya, Pak Ilham Habibie masih kader Partai Golkar. Beliau salah satu anggota Dewan Pakar Golkar, kalau saya tidak salah.

Apakah Ilham sudah berkomunikasi dengan Golkar?

Setahu saya, Ilham belum menyatakan dan belum menyampaikan tentang keinginannya untuk maju menjadi Gubernur Jawa Barat, setidaknya ke DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat.

Tapi, NasDem sudah memberikan surat rekomendasi itu kepada Ilham. Bagaimana respons Anda?

Kalau beliau ingin maju dari NasDem, tentu NasDem tidak cukup kursinya di Jawa Barat, harus berkoalisi dengan partai lain.

Ilham sudah mendapatkan rekomendasi dari NasDem untuk mencalonkan diri dan diberikan mandat untuk berkomunikasi dengan partai lain. Apakah Golkar menerima?

Saya tidak mau berandai-andai. Sampai saat ini, saya sebagai Ketua Golkar Jawa Barat, belum mendapatkan silaturahmi langsung dari Pak Ilham.

Apakah Ilham bakal menjadi lawan berat bagi Golkar di Pilkada Jabar?

Sejauh ini, Ridwan Kamil masih paling tinggi elektabilitasnya di Jawa Barat, dalam survei-survei kami.

Siapa lagi Bacagub Jabar dari Partai Golkar?

Sejauh ini, di Golkar, Pak Ridwan Kamil masih satu-satunya calon gubernur untuk Jawa Barat

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo