TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pengurus MUI Tangsel Masa Khidmat 2024-2029 Resmi Dikukuhkan

Laporan: Redaksi
Kamis, 11 Juli 2024 | 07:15 WIB
Ketua Umum MUI Banten, KH A Bazari Syam saat membacakan ikrar pelantikan pengurus MUI Tangsel.
Ketua Umum MUI Banten, KH A Bazari Syam saat membacakan ikrar pelantikan pengurus MUI Tangsel.

CIPUTAT-Pelantikan dan pengukuhan pengurus MUI Tangsel masa khidmat 2024-2029 dihadiri pengurus MUI Pusat dan Banten. Berlangsung di Blandongan, Balaikota Tangsel, Rabu (10/7).

Turut dihadiri Ketua Umum MUI Banten, Dr KH A Bazari Syam, Wakil Wasekjen MUI Pusat Dr Arif Fahrudin, Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Sekda Kota Tangsel Bambang Noertjaheo, Polres Tangsel dan Kodim 0505 Tangerang serta para tamu undangan dari berbagai unsur organisasi masyarakat (Ormas) Islam.

Ketua Umum MUI Kota Tangsel, KH Saidih dalam sambutanya seusai membacakan ikrar mengucapkan terima kasih khusus kepada walikota yang telah membantu acara pelantikan pengurus MUI Tangsel dan bantuan dana MUI.

Ia mengingatkan dalam suasana tahun baru Islam 1446 Hijriah  untuk melakukan muhasabah dengan melakukan evakuasi dan koreksi diri  apa yang sudah diberikan.

“Maka di momen yang penting ini berharap untuk melakukan muraqabah satu tindakan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah di masa yang akan datang,” pesan KH Saidih di dampingi Sekretaris Umum Abdul Rojak.

Dia melanjutkan, kepada seluruh jajaran pengurus MUI Tangsel yang dilantik pada hari ini untuk melakukan tugasnya dengan baik. Yaitu menyebarkan dakwah sebagai tugas ulama sebagai pelayanan masyarakat (khadimul ummah) Kota Tangsel. Termasuk wajib menjalankan peran penting MUI sebagai mitra pemerintah (shadiqul hukumah).

“MUI berusaha bersinergi dengan pemerintah untuk kemaslahatan umat. Jangan sampai terjadi benturan sehingga menganggu pelayanan di masyarakat,” tambah ia.

Ketua Umum MUI Provinsi Banten, A Bazari Syam menegaskan, bahwa tidak ada satu kejadian di muka bumi ini  tanpa grand desain Allah SWT. Dengan dilakukannya pelantikan ini, semoga dilimpahkan keberkahan kepada jajaran pengurus MUI Tangsel.

“Atas nama jajaran MUI Bantan, selamat atas dikukuhkannya pengurus MUI Tangsel semoga Allah berikan kemudahan untuk melaksanakan program kegiatan ke depan,” doanya.

Dirinya berpesan agar pengurus  periode ini memberikan kontribusi sebagai organisasi yang baik, dengan tujuan memberikan pelayanan kepada umat serta menjaga hubungan dengan pemerintah. Sebab sebagai mitra yang baik adalah yang bisa mengingatkan. Di sisi lain yang juga sangat penting mampu meningkatkan inovasi baru melalui inovasi bagi pelayan masyarakat.

“Sehingga umat dalam kekinian tidak ditinggalkan dan mendapatkan layanan sesuai dengan perkembangan zaman,” bebernya.

MUI adalah organisasi tidak seperti yang lain. MUI berhimpun dari berbagai ormas yang memiliki latar belakang berbeda dengan berbagai disiplin ilmu. Karena itu konsep kebersamaan jadi kata kunci dalam organisasi ini.

“Tidak ada kelas. Tapi kita sama . Itulah bendanya MUI dengan yang lain. Wajak jika MUI bisa disebut sebuah organisasi yang istimewa. Memiliki karakteristik sendiri,” bebernya.

Sementara, menurut Wakil Sekjen MUI Pusat Arif Fahrudin memberikan pesan pesan bagi jajaran pengurus masa khidmat 2024-2029, adalah bagaimana mengurus organisasi yang baik sesuai regulasi yang ada.

Sebagai ikhbar, MUI provinsi Banten mendapatkan predikat nomor 3 dalam aspek pelayanan kepada umat. Tentu prestasi yang sudah bagus tidak akan sempurna jika tidak didukung oleh MUI kabupaten kota.

“Peran MUI bagaimana meningkatkan fungsi religiusitas di Indonesia. Masyarakat Banten harus menularkan ke bangsa Indonesia yang mana secara global tengah mengalami tantangan. Sebagai kader ulama tentu  harus mutlak hukumnya menjadi pilar terpenting kehidupan religiusitas,” pesannya.

Peran lainnya bagaimana MUI menemani umat sejahtera. Baik secara lahir maupun batin. Memastikan rakyat jauh dari semua bentuk kekhawatiran dan kegundahan, serta  kesedihan dan kegalauan menjadi masyarakat yang berperadaban. Untuk mencapai kesejahteraan menurutnya dapat diciptakan melalui pemerintah.

Sementara, Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie Walikota Tangsel H Benyamin Davnie mengatakan MUI memiliki peran sangat penting dalam berbangsa dan bernegara. MUI sebagai pelayan umat. Pelantikan ini untuk memperkuat peran dalam menjalankan dalam membangun masyarakat religius.

“Di tengah tantangan zaman yang sangat komplek. MUI diharapkan memberikan solusi. Dalam membangun masyarakat Tangsel yang maju religius dan berbudaya,” harapnya.

Benyamin juga berharap MUI Tangsel dapat mendukung dalam program pembangunan daerah, dalam berbagai  aspek, baik fisik, pendidikan dan kesehatan. Sehingga masyarakat hidup dalam kesejahteraan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo