TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kalahkan Belanda 2-1, Inggris Lolos Ke Final Euro 2024

Laporan: Dzikri
Kamis, 11 Juli 2024 | 09:40 WIB
Timbas Inggris di Piala Eropa 2024. Foto : Ist
Timbas Inggris di Piala Eropa 2024. Foto : Ist

JERMAN - Signal Iduna Park bergemuruh menyambut kedatangan singa yang mengaum di menit akhir. Timnas Inggris, dengan Ollie Watkins sebagai pahlawannya, membantai Belanda 2-1 di laga semifinal EURO 2024, Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7) dini hari tadi WIB. Dengan kemenangan ini, Inggris berhak melaju ke partai final melawan Spanyol, Senin (15/7) mendatang.

Di laga semifinal, sebetulnya Belanda mampu tampil percaya diri. Mereka membuka pesta gol lebih dulu pada menit ke-7. Xavi Simons, bocah ajaib, melesatkan roket dari kotak penalti luar yang tak mampu ditahan Jordan Pickford. Oranye bersorak, namun Inggris tak tinggal diam.

Harry Kane, sang kapten, menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti di menit ke-18. Hadiah dari wasit Felix Zwayer setelah Denzel Dumfries melanggar Kane di area terlarang. VAR mengamini, dan skor pun seimbang.

Belanda bukannya tanpa kesempatan. Virgil van Dijk nyaris membobol gawang Pickford, namun sang kiper tampil gemilang. Begitu pula dengan Denzel Dumfries, yang baru saja berbuah angin lalu.

Drama belum selesai. Bukayo Saka sempat membuat publik Inggris bersorak, namun golnya dianulir karena offside. Belanda selamat, namun hanya untuk sementara.

Di penghujung laga, tepatnya menit ke-90, Ollie Watkins, sang pemain pengganti, menjadi mimpi buruk bagi Oranye. Golnya dari sudut sempit, mengoyak jala Belanda dan membungkam publik Signal Iduna Park. Inggris menang dramatis, Belanda tertunduk lesu.

Statistiknya tidak bohong. Inggris memang tampil lebih dominan, dengan 9 tembakan berbanding 7 milik Belanda. Penguasaan bola pun lebih banyak di kaki The Three Lions, 59 persen berbanding 41

Pelatih Belanda Ronald Koeman kecewa berat atas kekalahan timnya. Sebab, anak asuhnya mampu memulai pertandingan dengan sangat baik. Namun, mereka harus menelan pil pahit di akhir pertandingan.

"Saya kecewa dengan hasil akhir dalam pertandingan yang dimulai dengan sangat baik bagi kami," kata Koeman dilansir france24.

Ia mengkritik keputusan wasit yang memberikan hadiah penalti kepada Inggris. Sebab, menurutnya kontak Denzel Dumfries dengan Kane sangat minim. 

"Menurut saya, ini bukan penalti," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo