TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Rusia Masih Nyerang Ukraina, Putin Tak Pantas Duduk Di KTT G20

Laporan: AY
Senin, 22 Agustus 2022 | 11:47 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Ist)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Ist)

JAKARTA - Kabar Presiden Rusia Vladimir Putin akan menghadiri KTT G20, dikecam Inggris dan Amerika Serikat (AS).

Dalam pernyataan resminya, Kementerian Luar Negeri Inggris menegaskan, Rusia tidak pantas duduk bersama negara anggota G20 (Group of Twenty) dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Nusa Dua, Bali, November nanti.

“Rusia tak memiliki hak moral untuk duduk di G20, di saat mereka masih melakukan agresi ke Ukraina,” bunyi pernyataan Kemlu Inggris dikutip Reuters, kemarin.

Inggris tidak menyalahkan Indonesia yang sudah mengundang Rusia menghadiri acara tersebut. Inggris justru memuji Indonesia atas usahanya meredakan perang Rusia dengan Ukraina.

Pasalnya, Indonesia juga mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada KTT G20 di Bali nanti. Padahal, Ukraina bukan anggota G20. Sementara Rusia, memang merupakan anggota G20.

“Kami menyambut usaha Indonesia memastikan dampak dari perang Rusia akan dibicarakan pada pertemuan G20. Begitu juga indikasi Ukraina mungkin akan menghadirkan Presiden (Volodymyr) Zelensky pada pertemuan pemimpin G20,” isi pernyataan itu lagi.

Sejauh ini, belum ada jawaban pasti, apakah Zelensky akan hadir atau tidak. Tapi AS menganjurkan, Presiden Ukraina hadir. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo