TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Top! Ridwan Kamil Nari Ronggeng Beken Bareng 3.000 Penari di Bekasi

Laporan: AY
Minggu, 11 September 2022 | 07:08 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) saat tampil bersama 3.000 penari pada acara Pesona Nusantara Bekasi Keren di Stadion Patriot Kota Bekasi. (Ist)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) saat tampil bersama 3.000 penari pada acara Pesona Nusantara Bekasi Keren di Stadion Patriot Kota Bekasi. (Ist)

BEKASI - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak kesulitan memperagakan Tari Ronggeng Beken saat diminta menari di atas panggung.

Mengenakan pangsi merah khas Betawi lengkap dengan peci dan sarung, gerakan tangan dan kakinya nampak begitu lentur mengikuti irama gamelan.

Bersama 3.000 penari Ronggeng Beken lainnya, Ridwan Kamil ikut memeriahkan acara Pesona Nusantara Bekasi Keren (PNBK) di Stadion Patriot Candrabraga, Kota Bekasi, Sabtu (10/9/2022).

"PNBK ini luar biasa, kita sudah rindu acara seperti ini," kata Ridwan Kamil.

PNBK yang baru pertama kalinya digelar ini merupakan wadah kenusantaraan yang menampilkan seni budaya dari seluruh etnik Indonesia. Total ada 10.000 orang terlibat dalam PNBK.

Mereka merupakan warga dari beragam entis yang menetap di Kota Bekasi. Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat penyelenggaraan ini sebagai gelaran seni penampil terbanyak di Indonesia.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, gelaran PNBK menunjukan bahwa Kota Bekasi merupakan Kota Pancasila. Ini terlihat dari keberagaman suku bangsa yang sangat kompak dan guyub.

"PNBK menunjukan Bekasi sebagai Kota Pancasila karena keberagaman tadi diperlihatkan dari berbagai etnis mulai dari Sumatera sampai Indonesia timur berkumpul di Bekasi, dan mereka sangat kompak dan guyub," ujarnya.

Keberagaman budaya yang ada di Kota Bekasi juga mempertegas, bahwa Bekasi merupakan persimpangan berbagai budaya Nusantara.

Kota Bekasi merupakan persimpangan dari berbagai budaya Nusantara," ucap Kang Emil.

Ia berharap masyarakat Kota Bekasi mampu terus menjaga momentum kerukunan antar suku bangsa, sehingga Kota Bekasi menjadi teladan atau percontohan bagi daerah lainnya.

"Titip kerennya Bekasi ini tolong dijaga dengan sikap dan prestasi agar menjadi teladan bagi kota lainnya di Indonesia," pesan Kang Emil.

PNBK digelar dengan pertimbangan cakupan vaksinasi Covid-19 yang tinggi, bahkan Kota Bekasi saat ini tercatat menjadi salah satu daerah dengan cakupan vaksinasi tertinggi di Jabar.

"Boleh berkegiatan seperti ini asal tingkat (cakupan) vaksinasinya tinggi, dan Kota Bekasi salah satu yang tertinggi di Jabar. Prestasi ini supaya dipertahankan," ujar Kang Emil.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil diberikan penghargaan oleh seniman dan budayawan Kota Bekasi sebagai Bapak Pembina Budaya. Penghargaan ini diberikan karena Kang Emil dinilai memiliki kepedulian tinggi terhadap pelestarian seni budaya.

Seniman dan budayawan, yang juga Ketua Umum Yayasan Bung Karno, Guruh Soekarno Putra turut menyaksikan momen tersebut.

Sementara itu Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengungkapkan, selain ingin mempertegas kotanya sebagai miniatur Indonesia, gelaran PNBK juga sebagai wadah bagi seniman dan budayawan untuk berekspresi yang bermuara pada pemulihan ekonomi pasca pandemi.

"Ini sebagai wadah seniman dan budayawan berekspresi, meningkatkan gairah pariwisata dan branding Kota Bekasi yang muaranya adalah kebangkitan ekonomi pascapandemi," kata Tri.

Ia berharap PNBK masuk dalam kalender event kebudayaan Pemda Provinsi Jabar,  bahkan di pemerintah pusat, sehingga bisa diselenggarakan rutin setiap tahun dengan lebih meriah lagi.

"PNBK akan kita jadikan agenda tahunan di Kota Bekasi dan masuk kalender event provinsi, hingga nasional," ujarnya. (rm.id)

Komentar:
Eka hospital
Jadwal Puasa
Rspb
RsPB
Loker
ePaper Edisi 28 Maret 2024
Berita Populer
02
PKS Jagokan Kader Di Pilkada Tangsel

TangselCity | 2 hari yang lalu

06
Prakiraan Cuaca Tangerang Rabu 27 Maret 2024

Pos Tangerang | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo