TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Pilkada Banten 2024

Airin Dan Rano Sama-sama Menarik, Siapa Unggul?

Laporan: AY
Minggu, 11 September 2022 | 16:50 WIB
Rano Karno dan Airin Rachmi Diany. (Ist)
Rano Karno dan Airin Rachmi Diany. (Ist)

SERANG—Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany dan mantan Gubernur Banten Rano Karno diprediksi akan bersaing pada pemilihan gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Jika itu terjadi, pertarungan keduanya dianggap sebagai kontes figur populer. Rano Karno adalah aktor tiga zaman dan politisi PDIP, sementara Airin adalah Puteri Indonesia dan politisi Golkar.

Pemerhati pilkada yang Juga Ketua Forum Demokrasi Digital Indonesia Husnul Khotimah saat diminta komentar mengenai kemungkinan bertarungnya kedua figur itu menilai, kontestasi akan sangat seru dan pastinya akan menguras tenaga kreatif dari kedua pihak untuk membuat berbagai macam konten kampanye yang menarik.

Itu karena keduanya adalah media darling. Keduanya menurut Husnul, punya daya pikat secara langsung, dimana kehadiran Airin atau Rano di masyarakat akan menjadi magnet, menyedot perhatian dan reaksi ingin dekat bahkan berebut ingin photo berdampingan.

“Airin dan Rano sama-sama menarik. Keduanya bisa dibilang politisi artis. Kalau sama-sama mau turun ke masyarakat secara langsung, mau bersapa dan tatap muka dengan rakyat di pemukiman dan kampung-kampung, saya rasa popularitas mereka berdua akan seimbang. Akseptabilitas juga mungkin akan sama-sama tinggi. Tinggal soal elektabilitas saya kira yang akan ditentukan oleh program kerja dan hajat publik apa yang bisa dipenuhi,” ujarnya kepada media, Ahad (11/9/2022).

Saat ditanya siapa yang akan unggul jika keduanya bertarung secara head to head, Chusnul memprediksi pertarungan akan kompetitif dan hasilnya akan tipis. Paling tidak akan sama dengan pilkada Banten yang lalu dimana Rano kalah tipis oleh keponakan Airin. Jika Airin mampu mengkonsolidasi kekuatan pendukung Andika Hazrumy yang merupakan putera dari Ratu Atut Chosiyah dan mampu memanfaatkan rentang waktu yang lumayan panjang sampai ke hari pencoblosan, peluang menang Airin akan lebih tinggi dari Rano.

“Jika head to head ya, Rano lawan Airin. Saya kira Rano harus belajar banyak dari kekalahannya di pilkada lalu. Kalah turun ke masyarakat misalnya bisa memberi kontribusi bagi kemenangan Airin. Tapi kalau sama-sama bergerak aktif, sama-sama kampanye secara konsisten dan sama-sama mampu menjual program ke pemilih, pertarungan akan sangat menarik, pilgub Banten akan menyita perhatian nasional walau saat yang sama seluruh daerah di Indonesia juga sedang menggelar pilkada,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo