TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo
Ratu Elizabeth II Dimakamkan Hari Ini

500 Pejabat Negara Sahabat Dan 2 Ribu Tamu Bakal Hadir

Laporan: AY
Senin, 19 September 2022 | 08:19 WIB
Jenazah Ratu Elizabeth II dijaga oleh delapan cucu sebelum dimakamkan. (Ist)
Jenazah Ratu Elizabeth II dijaga oleh delapan cucu sebelum dimakamkan. (Ist)

INGGRIS - Pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilangsungkan hari ini. Sejumlah pemimpin dunia hadir dan dijamu Raja Charles III, dalam upacara yang digelar secara kenegaraan.

Persiapan telah dilakukan Istana Buckingham. Dikutip dari France24, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terbang ke Inggris, Sabtu (17/9) waktu AS.

Biden langsung berkunjung untuk melayat dan memberi penghormatan terakhir ke Ratu Elizabeth II yang jenazahnya disemayamkan di Westminster Hall, Minggu (18/9), sebelum dijamu Raja Charles III.

Pemimpin lain, Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern, PM Australia Anthony Albanese, juga telah memberikan penghormatan terakhir langsung di Westminster Hall, Istana Westminster, London.

“Dalam masa duka yang luar biasa ini, kami bersyukur bisa berada di sini memberikan penghormatan kepada Ratu atas jasanya terhadap tugas, keyakinan, keluarga dan Persemakmuran,” tulis Albanese di akun Twitter-nya.

PM Kanada Justin Trudeau, juga telah memberikan penghormatan secara langsung

Ratu Elizabeth melayani sepanjang hidupnya, dan memikul beban tugasnya dengan sempurna,” kata Trudeau, usai menandatangani buku belasungkawa.

Tak cuma para pemimpin dan pejabat negara sahabat, masyarakat yang ingin melayat juga masih terus berdatangan ke Westminster Hall, kemarin. Bahkan, sejumlah pelayat telah mengantre selama 24 jam, untuk penghormatan terakhir kepada Ratu yang bernama lengkap Elizabeth Alexandra Mary.

Ratu disemayamkan di Westminster Hall mulai 14-19 September 2022. Selanjutnya, pada 19 September, peti jenazah akan dibawa ke Westminster Abbey untuk dilakukan upacara pemakaman, sebelum dikebumikan di St George’s Chapel di Kastil Windsor. Namun, akan ada prosesi pemakaman yang akan digelar, hingga akhirnya Ratu dikebumikan.

Seperti diketahui, Westminster Abbey merupakan gereja berusia ribuan tahun dengan arsitektur Gothic di Westminster, London, sebelah barat Istana Westminster. Gereja ini adalah tempat tradisional penobatan raja dan ratu Inggris serta pemakaman mereka.

Sekitar 500 pejabat negara sahabat juga akan menghadiri prosesi pemakaman tersebut bersama 2 ribu tamu. Termasuk politisi, pegawai negeri hingga selebriti.

Masyarakat Inggris telah berkemah untuk menyaksikan prosesi tersebut dari jarak yang lebih dekat. Antrean warga itu diperkirakan akan membuat London macet. Ratusan ribu orang melayat akan memadati jalan-jalan dari London ke Windsor di Berkshire.

Lebih dari 10 ribu polisi bertugas di acara ini, yang merupakan pengerahan polisi terbesar dalam sejarah Inggris. Bagi warga yang tidak bisa melihat dari dekat, pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth juga akan disiarkan di seluruh Inggris dengan menggunakan layar besar hingga 125 bioskop.

Departemen Kebudayaan, Media dan Olahraga Inggris (DCMS) menjelaskan, pemakaman Ratu Elizabeth II akan ditampilkan di berbagai lokasi. Termasuk Hyde Park di London, Centenary Square di Birmingham, Balai Kota Coleraine di County Londonderry Irlandia Utara, dan Taman Holyrood di Edinburgh, Skotlandia. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo