TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo
Politik Internal Beringin Dinamis

JK Dukung Anies Bukan “Mission Impossible...”

Laporan: AY
Selasa, 20 September 2022 | 09:48 WIB
Anies Baswedan bersama Jusuf Kalla saat olahraga bersama. (Ist)
Anies Baswedan bersama Jusuf Kalla saat olahraga bersama. (Ist)

JAKARTA - Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla diyakini akan mendukung Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan daripada Menteri Koordinator Perekonomian, sekaligus Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Sebab, politik di internal partai berlogo pohon beringin itu sangat dinamis.

Demikian analisa yang disampaikan Direktur Eksekutif Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (SIGMA), Hendra Setyawan kepada Rakyat Merdeka, kemarin. Sekalipun pria yang akrab disapa dengan akronim JK itu, ujarnya, juga mantan Ketua Umum Golkar.

“Menurut saya JK condong ke Anies. Golkar sangat dinamis dalam urusan dukung mendukung Pilpres,” katanya.

Saat itu Golkar menjagokan Wiranto sebagai Capres melalui mekanisme konvensi lalu dipasangkan dengan Salahuddin Wahid. Sementara JK menjadi Cawapresnya SBY. Akhirnya, SBY-JK yang menang. “Saat ini pengaruh JK di Golkar juga sudah tidak besar,” ujarnya.

Menurutnya, kedekatan JK dengan Anies ini terlihat melalui dukungan di Pilkada DKI Jakarta 2017. Duet Anies-Sandi, mampu mengalahkan Ahok-Djarot dan AHY-Sylvi. Bisa jadi, ke depan JK kembali mendukung Anies di ajang Pilpres 2024.

Masalahnya, kata Hendra, Anies bukanlah kader parpol. Perlu menyatukan banyak pimpinan partai untuk memberika tiket kepada Anies. Melihat situasi politik nasional terkini, Anies berpeluang maju dengan dukugan Demokrat, NasDem, dan PKS.

“Sangat mungkin, JK-SBY menjadi King Maker Anies-AHY untuk leader-nya Surya Paloh dan Syaikhu,” terkanya.

Asumsinya, siapapun Capres dukungan JK akan mendapatkan limpahan suara di Pilpres 2024. Khususnya, Indonesia Timur. JK, katanya, namanya masih harum dan dipandang sebagai tokoh bangsa.

Menanggapi hal tersebut, Jenggala Center (JC) yang merupakan Organisasi loyalis Jusuf Kalla belum yakin bosnya mendukung Anies, karena belum ada perintah resmi.

“Belum ada. Pak Airlangga dan Pak Anies memang kita undang untuk silaturahmi,” ujar Ketua Dewan Penasihat Jenggala Center, Iskandar Mandji, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Belum lama ini Jenggala Center mengundang Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto di acara Silaturahmi Nasional. Kehadiran mereka, sebagai pembuka mengatasi permasalahan bangsa.

Airlangga hadir lebih dahulu pada Jumat (16/9). Ketua Umum Partai Golkar itu datang bersama Mantan Wakil Presiden JK. Di kesempatan itu, Airlangga memberi sinyal-sinyal meminta dukungan kepada JK Cs. Bos Golkar itu juga cerita tentang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). (rm id)

Komentar:
Berita Lainnya
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo