TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Tertarik Program Asuransi Nelayan

Komunitas Nelayan Pesisir Makassar Gaungkan Ganjar Presiden 2024

Laporan: AY
Kamis, 22 September 2022 | 08:30 WIB
Komunitas Nelayan Pesisir Makassar mendukung Ganjar Presiden 2024 bertempat di kawasan Ekowisata Manggrove Lantebung, Makassar. (Ist)
Komunitas Nelayan Pesisir Makassar mendukung Ganjar Presiden 2024 bertempat di kawasan Ekowisata Manggrove Lantebung, Makassar. (Ist)

MAKASSAR - Rimbunnya tumbuhan mangrove dan rintik hujan yang membasahi bibir pantai menemani deklarasi “Ganjar Pranowo Presiden 2024” oleh ratusan nelayan yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir Makassar.

Deklarasi dilakukan di kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (21/9). 

Ratusan nelayan pesisir di Kota Makassar menyuarakan dukungan terhadap Ganjar Presiden 2024 karena merasakan kepedulian Ganjar melalui berbagai program dan aksi nyata yang selama ini mendorong kesejahteraan nelayan di Jawa Tengah (Jateng). 

“Nelayan di pesisir Kota Makassar ini meyakini bahwa Bapak Ganjar adalah pemimpin terbaik untuk Indonesia ke depan. Beliau yang peduli kami. Memang saat ini Pak Ganjar memimpin Jawa Tengah, tapi kepeduliaannya sangat dirasakan oleh kami,” kata Sekretaris Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir  Sulsel, Muhammad Arafah.  

Arafah menjelaskan, beberapa waktu lalu Ganjar bergerak cepat mengatasi kelangkaan solar di kalangan nelayan. Bahkan, kata Arafah, Ganjar langsung berkomunikasi dengan Pertamina dan BPH Migas agar alokasi BBM untuk nelayan ditambah.

Terlebih lagi, lanjut Arafah, Ganjar langsung memperbaiki sistem pendataan surat rekomendasi nelayan, agar data kebutuhan solar bisa dihitung secara akurat. Ini penting supaya distribusi solar ke nelayan lebih tepat sasaran.

Arafah mengatakan, kepedulian Ganjar juga terlihat ketika mengalokasikan bantuan Rp 60 miliar kepada masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM bersubsidi, termasuk nelayan. Khusus nelayan se-Jateng, Ganjar juga menganggarkan bantuan Rp 4,74 miliar untuk total 14.375 orang nelayan.

“Tentunya hal itu membuat solar jadi tidak langka lagi. Apalagi beliau juga memberikan bantuan saat penyesuaian harga BBM bersubsidi,” katanya. 

Menurut Arafah, aksi nyata tersebut menyempurnakan program Kartu Nelayan dan Asuransi Nelayan (Ansel) yang digagas Ganjar. Ganjar telah meng-cover 151.457 nelayan dengan Ansel dan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak 2016-2022.

“Jujur kami sangat ingin merasakan kepedulian-kepedulian itu secara nyata. Makanya kami mendukung Pak Ganjar Presiden 2024,” tuturnya.

Arafah mengatakan, Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel akan terus mensosialisasikan sosok Ganjar kepada nelayan-nelayan di Sulawesi. Arafah berharap, Ganjar akan terus mendorong kesejahteraan nelayan saat memimpin Indonesia sebagai Presiden di tahun 2024 mendatang. 

"Mudah-mudahan Pak Ganjar semakin peduli sama nelayan, terlebih nelayan di Sulawesi Selatan ini. Pak Ganjar sudah mendorong kesejahteraan nelayan di Jateng, nah nanti saatnya Pak Ganjar melakukan hal yang sama untuk nelayan di seluruh Indonesia,” sambungnya. 

Selain deklarasi, Komunitas Nelayan Pesisir di Makassar juga menggelar pelatihan bertajuk “Pelatihan Safety dalam Melaut” untuk nelayan pesisir. Kegiatan ini bertujuan meminimalisir kecelakaan kerja saat melaut. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo