TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Hari Tani Nasional

Airlangga: Pertanian Kunci Hadapi Krisis Global

Laporan: AY
Senin, 26 September 2022 | 10:44 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto. (Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto. (Ist)

JAKARTA - Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto berharap peringatan Hari Tani Nasional menjadi momentum kedaulatan dan kemandirian pangan nasional.

Menurut Airlangga, industri pangan dan pertanian adalah sektor kunci dalam menghadapi terpaan krisis global.

"Sektor kunci dalam menghadapi terpaan krisis global adalah industri pangan dan pertanian," tulis Airlangga di akun Instagramnya, @airlanggahartarto_official yang dikutip, Senin (26/9).

Sebagai catatan, merujuk pada Badan Pusat Statistik, sektor pertanian berkontribusi sebesar 12,98 persen pada pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II-2022. Untuk itu, sebagai sektor kunci, pemerintah terus mendorong ketahanan pangan melalui berbagai strategi dan kebijakan.

Tujuannya mewujudkan pangan yang berdaulat (food soveregnity) dan pangan yang mandiri (food resilience)", jelas Airlangga.

Selain itu, terkait dengan ketahanan pangan ini, Menko Perekonomian melakukan langkah cepat sebagai tindak lanjut. Sebelumnya ia juga menggelar Rapat Koordinasi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa. 

Pertemuan ini membahas mengenai Food Estate sebagai program menjaga ketahanan pangan melalui peningkatan produktivitas di dalam negeri dan mengurangi ketergantungan impor.

"Ketahanan pangan bukan hanya menjadi prioritas, namun juga menjadi target kesejahteraan petani dan pemerataan kesejahteraan masyarakat,” tutup Airlangga. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo