TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Haji 2025

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers

Ferrari Modifikasi Mobil Hamilton

Reporter: Farhan
Editor: AY
Jumat, 18 Juli 2025 | 06:51 WIB
Tim F1 Ferrari. Foto : Ist
Tim F1 Ferrari. Foto : Ist

ITALIA - Ferrari bergerak cepat memodifikasi mobil SF-25 yang dipakai Lewis Hamilton. Suspensi belakang baru dipasang untuk mengatasi kelemahan mobil ini.

 

Komponen anyar ini akan diuji langsung oleh Hamilton dalam sesi uji coba terbatas di Sirkuit Mugello, Italia, akhir pekan ini.

 

Langkah ini menjadi bagian dari strategi teknisi Ferrari untuk meningkatkan stabilitas mobil, terutama saat akselerasi dan melibas tikungan dengan cepat. Dua hal ini menjadi titik lemah SF-25.

 

Hamilton, yang musim ini menjalani debut perdana bersa­ma Ferrari menjadi sosok kunci dalam mengevaluasi performa suspensi anyar tersebut.

 

Suspensi belakang SF-25 kini dilengkapi dengan lengan segi­tiga atas yang diposisikan lebih rendah, tepat di sambungan dengan kotak transmisi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efek anti-squat, sehingga mobil tetap stabil saat keluar dari tikungan dan mengurangi risiko kehilangan traksi di bagian belakang.

 

“Perubahan ini bukan sekadar estetika, tapi bersifat fundamen­tal. Kami ingin memberikan Hamilton dan Leclerc mobil yang lebih tenang dan stabil saat digeber,” ujar seorang insinyur Ferrari yang enggan disebut­kan namanya dikutip ESPN, kemarin.

 

Ferrari akan memanfaatkan jatah 200 kilometer sesi pen­gambilan gambar yang diizinkan FIA untuk melakukan pengujian suspensi baru ini.

 

Hamilton dijadwalkan ber­bagi waktu dengan Charles Leclerc, namun perhatian utama tentu tertuju pada pembalap Ing­gris tersebut, yang diharapkan bisa menghidupkan kembali semangat juara di dalam garasi Ferrari.

 

Pengujian suspensi baru ini sebetulnya mulai dilakukan, akhir pekan lalu, namun ter­ganggu cuaca buruk. Hujan deras yang mengguyur Mugello membuat program hari pertama terpaksa dipersingkat.

 

Meski demikian, Ferrari tetap berhasil menjalankan simulasi awal menggunakan SF-23 yang dikendarai Zhou Guanyu dan Antonio Fuoco.

 

Adapun SF-25 versi standar dipakai sebentar oleh Antonio Giovinazzi untuk mengum­pulkan data telemetri sebagai pembanding. Data ini akan men­jadi dasar analisis teknis untuk mengukur efektivitas suspensi baru tersebut.

 

Ferrari sadar jika ingin mem­perbaiki posisi di klasemen dan kembali bersaing di papan atas, membutuhkan mobil yang mum­puni. Bukan hanya cepat, tetapi juga mudah dikendalikan kedua pembalapnya.

 

Suspensi baru ini bisa menjadi titik awal dari perubahan arah musim 2025 bagi Scuderia. Dan bagi Lewis Hamilton, ini bisa menjadi senjata penting dalam upayanya membawa Ferrari kem­bali ke jalur kemenangan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
RM ID
Banpos
Satelit