TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Jelang KTT G20

Hore, Penumpang Ke Bali Naik 123 Persen

Laporan: AY
Kamis, 29 September 2022 | 10:49 WIB
Arus penumpang di Bandara Ngurah Rai Bali. (Ist)
Arus penumpang di Bandara Ngurah Rai Bali. (Ist)

JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali yang akan dimulai pada 15-16 November 2022 berdampak pada membludaknya jumlah pengunjung ke Pulau Dewata. Ini terlihat dari ludesnya tiket pesawat menjelang penyelenggaraan G20.

Menteri Koordinator Bi­dang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan me­minta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menambah ketersediaan pener­bangan ke Bali.

“Booking pesawat sangat tinggi. Orang yang booking untuk G20 tidak dapat tempat lagi. Saya ingatkan Menhub, ba­gaimana caranya supaya booking pesawat connecting dari Singapura atau dari manapun masuk ke Bali bisa ditambah,” ujar Luhut di Jakarta, kemarin.

"Eks Menko Polhukam ini mendapatkan laporan soal kenaikan penumpang pesawat menuju ke Bali lebih dari 123 persen. “Angka ini saya pikir sangat besar, booking pesawat sangat tinggi,” katanya.

Plt Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin bakal mempercepat izin penerbangan tambahan oleh maskapai interna­sional, seiring dengan tingginya permintaan tiket jelang G20.

Isnin mengatakan, tak hanya membuka dan mempercepat penerbangan tambahan oleh maskapai internasional, Kemen­hub juga mendorong maskapai nasional memanfaatkan mo­mentum G20 untuk menggenjot penumpang.

Apalagi, proses persetujuan penerbangan tambahan juga bisa dilakukan cepat.

Dari aspek penerbangan, Ke­menhub juga memberikan du­kungan proses penyambutan dan protokoler di bandara, tanpa mengabaikan proses kontrol sesuai ketentuan.

"Beberapa bandara sekitar Bali juga disiapkan untuk pesa­wat tamu yang perlu inap. Rute internasional kami tawarkan sesuai agreement dan kami dukung realisasinya,” ujar Isnin.

Selain itu, Kemenhub juga akan mendukung kelancaran dan keberhasilan beberapa acara sampingan atau side event menuju G20.

Dengan begitu, bisa mem­bantu kematangan persiapan di penerbangan. Khususnya di bandara Bali yang akan mendu­kung penuh acara puncak pada November mendatang.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan mengungkapkan, pihkanya telah melayani 6,918 juta penumpang, baik domestik maupun internasional sepanjang Januari-Agustus 2022.

Jumlah tersebut terdiri dari 1,861 juta penumpang interna­sional dan 5,057 juta penumpang domestik.

“Jika dibandingkan periode yang sama tahun 2021, terdapat pertumbuhan 275 persen,” ungkapnya.

Menurut Handy, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah melayani 21 rute penerbangan domestik yang dilayani 10 maskapai.

Untuk rute internasional, Bandara Bali melayani 22 rute penerbangan ke 13 negara yang dilayani 24 maskapai.

Terdapat satu penambahan rute baru di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali se­lama Agustus, yaitu Korean Air dengan rute Seoul-Denpasar.

“Pada September, juga terdapat penambahan rute internasional Taipei-Denpasar yang dilayani China Airlines,” katanya. (rm.id)

Komentar:
Berita Lainnya
Foto : Ist
Kunjungan Ke Jepang, Jokowi Tampil Beda
Sabtu, 16 Desember 2023
Dahlan Iskan
Panas Nyata
Jumat, 15 Desember 2023
Foto : Ist
Terus Kutuk Serangan Israel
Rabu, 22 November 2023
Foto :Setpres
Gencatan Senjata Harus Segera
Senin, 13 November 2023
Foto : Ist
Diungkapkan Jokowi di KTT OKI
Senin, 13 November 2023
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo