TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sepatu Custom Dari Cikokol Tangerang Laris Manis Dipesan Hingga Luar Daerah

Oleh: BNN
Jumat, 30 September 2022 | 11:16 WIB
Sepatu buatan UMKM Cikokol ini laris manis dipesan hingga luar daerah. (Ist)
Sepatu buatan UMKM Cikokol ini laris manis dipesan hingga luar daerah. (Ist)

TANGERANG - Kota Tangerang memiliki banyak perempuan kreatif dan menjadi pelaku UMKM. Tidak hanya sanggup bersaing dalam skala lokal, tetapi mereka juga mampu “berbicara” di tingkat nasional.

Sri Rahayu salah satunya. Berkat keuletannya, produk UMKM dari Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang ini mampu masuk dalam 30 UMKM  unggulan Kota Tangerang. Dia mengembangkan usaha pembuatan sepatu custom lokal dengan brand Eccello.

Perempuan yang biasa disapa Riyu ini secara tak sengaja menekuni usaha sepatu pada tahun 2017. Saat masih bekerja di salah satu perusahaan swasta ia memiliki usaha sampingan sebagai dropshipper sepatu.

 “Awalnya memang suka dengan sepatu, terus iseng-iseng jadi dropshipper sepatu. Lama-lama berpikir kayanya seru kalau bisa bikin sepatu sendiri sesuai keinginan sendiri, desain sendiri. Pokoknya bisa bikin sesuai apa yang kita mau. Ada keseruan tersendiri. Dan bisa menyalurkan kreativitas, dari situ mulai terjun membuat sepatu di tahun 2019,” ungkapnya belum lama ini saat ditemui di Jalan Majapahit, Kampung Sembung, RT 005/RW 005, Cikokol.

Fokus mengembangkan usaha sepatu pada 2019 Riyu pernah mengikuti kursus terkait pembuatan sepatu dan terus mengembangkan sepatu dimana pun baik daring maupun luring. 

"Tahun 2020 Riyu mulai mematenkan brand Eccello pada Hak kekayaan Intelektual (HKI), untuk memperluas jangkauan customer lebih luas lagi.” ungkapnya.

Pengembangan usaha sepatu terus dilakukan dengan mengikuti komunitas dan pembinaan UMKM yang difasilitasi oleh Pemkot Tangerang dan lembaga yang dinaungi oleh Kementerian Perindustrian. Tujuannya menambah kapasitas dan pengetahuan, baik di bidang bisnis ataupun memperbanyak hubungan dengan banyak orang.

"Terbaru mengikuti kegiatan UMKM Awards, saat itu tidak sengaja melihat informasi di medsos Pemkot Tangerang. Alhamdulilah masuk 10 besar kategori fashion dan termasuk 30 produk unggulan UMKM Kota Tangerang,” kata dia.

Eccello bersama produk unggulan lainnya difasilitasi oleh Pemkot hadir di gerai UMKM di galeri UMKM Hotel Annara yang berada di Terminal III, Bandara Soekarno-Hatta.

Kemunculan produk sepatu Eccello milik Riyu memang masih seumur jagung. Namun hingga saat ini telah memproduksi ratusan pasang sepatu custom yang dipesan oleh pelanggan hingga ke berbagai kota di Indonesia.

"Awal produksi tawarkan ke Whatsapp teman-teman, lalu share testimoni dari mulut ke mulut, melalui media sosial dan market place,” ujarnya.

“Eccello ada dijual pada marketplace, bahkan dijual dengan harga tertinggi customer tidak masalah, karena prioritas kita itu kan kualitas dan mendapat rating tinggi dari pembeli, dan sampai saat ini sudah terjual ratusan lebih sepatu ke berbagai daerah, pernah terpaksa menyetop permintaan karena home made jadi masih agak terkendala tapi dengan seiring waktu akan ada progress-progress baru untuk kedepannya,” sambungnya

Dikatakan Riyu, Eccello fokus dan menjadi spesialis membuat sepatu sneakers dan sport. Meskipun ia juga menyediakan jenis sepatu pantopel dan lainnya.

"Eccello ini spesialis di sepatu custom sneakers dan sport, kita biasanya mengikuti kebutuhan pasar aja sih, pasar maunya bagaimana dan apa, ya kita ikutin walaupun memang terkadang menghadapi kendala tapi kita coba evaluasi untuk menanganinya,” ujar dia.

Eccello Custom Shoes ini rentang harga di 250 Ribu hingga Rp 2 juta tergantung bahan dan keinginan dari pembeli.

Sejak awal diluncurkan, Riyu bercita-cita menjadikan Eccello sebagai sepatu custom yang memanfaatkan batik nusantara atau yang memiliki ciri khas Indonesia. Keinginan ini diawali dengan memakai batik khas Kota Tangerang serta batik Banten.

"Awalnya pengen mengenalkan budaya atau ciri khas Indonesia melalui sepatu, mungkin ke depannya kita akan kembangkan untuk memakai batik di seluruh provinsi ada di sepatu Eccello, desain batik bagus dan unik sayang jadi harus kita jaga dan lestarikan,” ujarnya.

“Selain batik, Riyu juga memanfaatkan dengan menggunakan tenun di sepatu, namun ada beberapa kendala yang perlu kami coba atasi,” ujar dia.

Saat ini sepatu Eccello bermotif batik khas kota Tangerang dan baduy Banten yang dibuat olehnya telah banyak dipesan dan digunakan masyarakat salah satunya adalah Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah.

Tiga hari menjelang kegiatan Rakernas Apeksi di Kota Padang, Riyu dihubungi oleh salah satu staf Wali Kota Tangerang. Saat itu memesan sepatu yang bermotif batik khas Kota Tangerang yang akan digunakan selama kegiatan tersebut berlangsung.

Dengan senang hati disertai kaget Riyu menyanggupi pesanan tersebut. Pembuatan sepatu kustom dikebutnya dalam waktu tiga hari.  

“Saat itu tersisa yang motif batik Banten saja, sementara Pak Wali maunya batik Kota Tangerang, akhirnya saya buatkan sesuai ukuran dan  pesanan Pak Wali,” ungkapnya.

Riyu saat itu hanya fokus menyelesaikan pesanan sehingga ia tak mengetahui acara apa yang akan dihadiri oleh Wali Kota menggunakan sepatu Eccello.

“Kaget ya, dan bangga,  amazing banget, tiba-tiba ditag dikenalkan dan dipromosikan di medsos Pak Wali Kota yang juga digunakan di acara Apeksi, acara yang dihadiri oleh Wali Kota se Indonesia,” katanya.

“Terakhir diminta oleh Dinas Indagkop tiga pasang sepatu untuk dibawa dan dipresentasikan oleh Pak Wali Kota bahwa Eccello salah satu produk lokal Kota Tangerang dalam suatu acara: City Leaders Community kolaborasi  Kompas dan Apeksi di Bogor,” tambahnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo