TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tilu Ruang Kumpul, Tempat Ngumpulnya Keluarga

Laporan: MG.i/RMN
Selasa, 11 Oktober 2022 | 20:56 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

CIPUTAT TIMUR, Tilu Ruang Kumpul, yang terletak di Gang Buni, Cireundeu, Ciputat Timur ini, menyediakan segala fasilitas dan aktivitas yang bisa dilakukan para keluarga di waktu senggang.

Bermain panahan, ngopi, membaca buku, hingga belanja pun bisa dilakukan di Tilu Ruang Kumpul. 

Sekitar 6 tahun yang lalu, awalnya Tilu Ruang Kumpul hanya memfasilitasi komunitas panahan, lambat laun berkembang menjadi tempat makan dan pasar yang dinamakan dengan Tilu Pasar, seperti yang dijelaskan oleh Fajar, pemilik Tilu Ruang Kumpul.

“Setelah pandemi mulai mereda, saya mulai aktif lagi, warungnya kita seriusin, terus kita tambah ini ada namanya Tilu Pasar, jadi kita jual barang-barang segala macem, ada beras, minyak, bumbu-bumbu, tapi semuanya rata-rata bahannya organik, dan kita ngambil dari UMKM-UMKM gitu,” kata Fajar, Selasa (11/10/2022).

Tilu Ruang Kumpul juga mendukung dan berkolaborasi dengan beberapa UMKM dari luar Tangerang Selatan. Tak tanggung-tanggung, sang pemilik yang merupakan pasangan suami istri tersebut mencari produk-produk UMKM sampai ke Yogjakarta. 

“Banyak sih kita ngambil dari daerah, misalkan waktu itu saya roadshow dari Jakarta ke Jogja, Jogja aja kita di beberapa wilayah itu ngambil, ada bumbu-bumbu, ada koperasi yang mengolah warga, kemudian juga ada di Semarang, banyak deh ada di beberapa tempat,” jelasnya.

Pada awalnya, Tilu Ruang Kumpul hanya sebuah tempat kumpul keluarga Fajar dan sang istri. Melihat adanya potensi dan peluang yang bisa didapat, Fajar mengusulkan ide untuk membuat tempat tersebut menjadi tempat berkumpulnya masyarakat. .

“Ini kita sebutnya Tilu Ruang Kumpul, kenapa kita ngambil tilu, karena istri saya bersaudara 3 orang, ruang kumpul ini memang dari dulu rumah keluarga istri saya dipake kumpul-kumpul warga sekitar, nah kita berharapnya sih kita bisa membuat ruang kumpul jadi bisa berbagi pengetahuan, sampai yang bermanfaat buat sekitar,” ungkapnya.

Terkenal dengan tempat panahannya, para pengunjung dapat bermain panahan dengan harga yang terjangkau. Bahkan, mereka juga dapat mengikuti pelatihan. Bahkan, anggota yang sudah tergabung di komunitas panahan tersebut sudah mencapai sekitar 60 orang.

“Di sini kita panahan ada 3 paket, bermain, belajar, sama berlatih, kalau bermain ini orang mau nyoba aja bayarnya Rp25.000 untuk 24 kali nembak, kemudian ada paket belajar itu pendaftarannya Rp100.000 untuk latihannya Rp250.000 untuk 4 kali kedatangan, jadi sekali kedatangan 2 jam itu peralatan kita pinjemin, ada pelatihnya,” ujarnya.

Tak hanya bermain panahan, Tilu Ruang Kumpul menyediakan kopi dan teh dengan varian yang beragam, dan tentu saja makanan yang sehat dan aman untuk keluarga. 

Hampir semua menu makanan, diolah sendiri dengan menggunakan bahan-bahan organik. 

“Makanan di sini kita yang nasi-nasi itu nasi kornet, nasi sei, terus ada mi, dan di sini rata-rata kita homemade semua, jadi kayak daging kornet itu bukan kalengan, tapi kita bikin, mi-nya juga mi yang sehat, yang ga pakai MSG, dari tanaman, dari tumbuhan,” katanya. 

“Jadi di sini komplit, kalau keluarga dateng ke sini misalkan bawa anak 3, yang dua anaknya main panahan, bapak ibunya makan di sini, adeknya yang satu lagi bisa main ke sana, ibunya pulang-pulang belanja,” sambungnya. 

Tilu Ruang Kumpul buka dari Selasa hingga Minggu, mulai dari pukul 09.00 dan tutup 16.00 WIB. Setiap Rabu, Tilu Ruang Kumpul menjual sayur organik yang dijualnya dengan sistem pre-order, para pembeli bisa mendatangi tempat tersebut atau dikirim langsung ke rumahnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo