TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dubes China Resmikan Pabrik Vaksin Covid-19 Bersama Jokowi

Laporan: AY
Rabu, 12 Oktober 2022 | 10:16 WIB
Presiden Jokowi dan Dubes China untuk Indonesia Lu Kang. (Foto : Setpres)
Presiden Jokowi dan Dubes China untuk Indonesia Lu Kang. (Foto : Setpres)

JAKARTA - Presiden Jokowi meresmikan pabrik biofarmasi pertama untuk memproduksi vaksin Covid-19 berbasis mRNA, di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (7/10).

Pabrik itu didukung transfer teknologi dari China. Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Direktur Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito, pendiri biofarmasi Etana, Lin Rubai, dan juga Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia Lu Kang.

Dubes Lu Kanga mengatakan, transfer teknologi mRNA dari China ke Indonesia akan memberikan manfaat besar kepada Indonesia. Serta membangun model kerja sama antara kedua negara dalam memproduksi vaksin.

“Kerja sama di bidang vaksin Covid-19 merupakan pencapaian penting antara kedua negara,” ujar Lu, dalam keterangannya, kemarin.

Saat ini, kata dia, hubungan China dan Indonesia telah berkembang menjadi model kerja sama yang saling menguntungkan antarnegara di kawasan. Juga model bagi negara berkembang memperkuat diri melalui persatuan.

“China dan Indonesia bersama-sama membangun perisai regional untuk pencegahan penyakit yang berkontribusi pada pemulihan ekonomi dan tata kelola global,” katanya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan, Indonesia jadi salah satu negara dengan pengendalian pandemi Covid-19 terbaik di dunia. Dia berharap tidak terjadi lagi pandemi di Indonesia.

“Jika industri vaksin dalam negeri sudah ada, setidaknya Pemerintah akan lebih tenang,” kata Jokowi.

Vaksin berbasis mRNA tidak menggunakan virus atau kuman yang dilemahkan atau dimatikan. Vaksin ini menggunakan komponen materi genetik yang direkayasa agar menyerupai ku￾mman atau virus tertentu.

Vaksin ini diklaim dapat memicu reaksi kekebalan tubuh layaknya virus dan kuman yang dilemahkan pada vaksin biasa. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo