TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

RM Sayur Asem Betawi H. Masa, Resep Turun Temurun Sejak 1986

Laporan: MG.i/RMN
Kamis, 13 Oktober 2022 | 22:07 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

PONDOK AREN, Rumah Makan Sayur Asem Betawi H.Masa yang berdiri sejak 1986, mengandalkan makanan khas betawi ini sebagai menu andalannya. Bahkan, bahan-bahan yang digunakan sudah jarang ditemukan di tempat-tempat lainnya. 

Bagaimana tidak, resep sayur asem ini merupakan resep turun temurun keluarga H. Masa yang kini diturunkan kepada anak-anaknya.


Jarang ditemukan di masakan sayur asem lainnya, rumah makan ini menggunakan bahan-bahan yang lengkap untuk hidangannya, seperti yang dijelaskan oleh Yulianti, generasi pertama dari H. Masa.

“Ya yang ngebedain itu kalau Betawi khasnya asem sama pedes ya terus ada oncomnya, kalau bahannya yang umum paling kacang panjang, kacang tanah, sama jagung, di sini kita lengkap jenisnya, kita semua ada alhamdulillah,dari kacang aja kita ada dua jenis, ada kacang tanah ada kacang panjang, jagung juga ada dua jenis,” kata Yulianti, Kamis (13/10/2022).

Letaknya yang tak pernah pindah sejak awal buka, rumah makan ini terletak di Jalan Pondok Jaya No.5, Tangerang Selatan. 

Dikenal karena masakan sayur asemnya dan harganya yang terjangkau, Rumah Makan Sayur Asem Betawi H. Masa ini mampu menghabiskan sayur asem sebanyak 200 porsi. Bahkan, tak jarang mereka harus tutup lebih awal di hari libur.

“Sekarang kita jualnya semangkok itu Rp10.000, kalau dikira 1 panci yang kita punya itu untuk 50 orang, hari libur itu kita bisa habis 4 panci, pasti habis,” ungkapnya.

Hanya dengan merogoh kocek Rp10.000, para pengunjung dapat menikmati masakan sayur asem yang telah terbukti cita rasanya sejak berpuluh-puluh tahun silam. Tak hanya sayur asem, tersedia beberapa lauk pauk lainnya yang tak kalah enak.

“Lauknya banyak ya, dari pesmol satu bumbu tapi ikannya ada macem-macem, ada ikan bandeng, ikan kembung, ikan mujair, dan di sini yang orang suka ekor kuning tapi bumbunya tauco, harganya yang termurah untuk ikan Rp18.000 dan yang mahalnya Rp25.000,” jelasnya.

Makanan yang tersedia pun dijasikan dengan cara prasmanan, sehingga para pengunjung dapat secara bebas memilih lauk dan jumlah porsi yang diinginkan. 

Perlu diketahui, Rumah Makan Sayur Asem Betawi H.Masa, hanya libur di hari Jumat. Buka mulai dari pukul 09.00 - 17.00 WIB.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo