TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Hari Habitat dan Hari Kota Dunia

Menteri Basuki Persembahkan Wajah Baru Taman Mini

Laporan: AY
Minggu, 16 Oktober 2022 | 18:40 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

JAKARTA - Dalam rangka Peringatan Hari Habitat Dunia & Hari Kota Dunia 2022 (HHD-HKD 2022) bertemakan “Kolaborasi Pentahelix dalam Pembangunan Permukiman dan Perumahan Perkotaan Menuju Nol Kumuh”, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mengadakan Fun Walk bersama dengan para insan PUPR.

Dipimpin langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, segenap jajaran pejabat tinggi madya dan pratama turut hadir meramaikan kegiatan yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Minggu (16/10/2022).

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan senam pagi, dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati yang menjadi tanda dimulainya Fun Walk sejauh 2 kilometer. Setelahnya, dilakukan pula pelepasan sekitar 20 ribu benih ikan di kawasan Danau Archipelago.
Rute Fun Walk dimulai dari titik start yang berada di kawasan Keong Mas, lalu berjalan mengitari kawasan TMII hingga menuju garis finish di kawasan Danau Archipelago

Kementerian PUPR telah melakukan penataan dan revitalisasi sarana prasarana kawasan TMII sebagai salah satu venue pendukung bagi presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dengan total anggaran sebesar Rp 1,08 triliun.

Selain itu, penataan kawasan TMII dilakukan pula sebagai upaya untuk merawat bangunan bersejarah dan menjadikannya sebagai ikon baru kebanggaan Indonesia. “Sejak dibangun pada 1970-an, baru kali ini diadakan renovasi besar-besaran di TMII. Untuk progresnya sudah hampir selesai, menunggu peresmian Presiden,” ujar Menteri Basuki.

Penataan dan renovasi kawasan TMII ini mengadopsi konsep destinasi wisata rakyat. Di DKI Jakarta sendiri, terdapat 3 destinasi wisata rakyat, yaitu Kebun Binatang Ragunan, Kawasan Ancol, serta TMII.

“Diharapkan masyarakat yang masuk ke Kawasan TMII ini bisa piknik disini membawa tikar, serta bekal makan siang. Inilah Taman Mini kita yang baru, destinasi wisata rakyat dengan environmental yang sudah bagus,” ujar Menteri Basuki.

Dia juga berpesan supaya selalu menjaga kebersihan, terlebih kawasan seluas 150 hektar ini merupakan salah satu aset negara yang berharga.

“Terima kasih atas partisipasinya dalam HHD-HKD 2022, selamat menikmati TMII yang baru, sampaikan kepada masyarakat untuk berkunjung dan memelihara TMII ini. Kebersihan harus dijaga, karena sangat tidak mudah untuk mengurus ini. Kita harus keras dan disiplin untuk menjaga kawasan ini tetap terjaga,” tandas Menteri Basuki.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto, Kepala BPSDM Khalawi, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja serta jajaran direksi BUMN Konstruksi mitra PUPR. (AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo