TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
11 Negara Asia Timur Kirimkan Delegas

Bupati Zaki Minta Semua OPD dan Mitra All Out Persiapkan PNLG Forum 2022

Laporan: AY
Kamis, 20 Oktober 2022 | 11:51 WIB
RAPAT KOORDINASI: Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memimpin rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah membahas PNLG Forum 2022 di Gedung Serba Guna Puspemkab Tangerang. (Ist)
RAPAT KOORDINASI: Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memimpin rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah membahas PNLG Forum 2022 di Gedung Serba Guna Puspemkab Tangerang. (Ist)

TANGERANG—Pelaksanaan event internasional PNLG Forum 2022 sudah semakin dekat. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) dan para mitra untuk totalitas dan all out dalam mempersiapkan event yang akan digelar di Kabupaten Tangerang pada 25-29 Oktober 2022 tersebut.

Hal tersebut disampaikan Bupati Zaki saat memimpin rapat koordinasi pimpinan daerah atau Forkopimda yang digelar di Gedung Serba Guna Puspemkab Tangerang.

"Saya minta kepada seluruh OPD dan para mitra, totalitas dan all out dalam mempersiapkan seluruh persiapan dan rangkaian acara tersebut. Mudah-mudahan nanti pada waktu penyelenggaraannya bisa berjalan dengan lancar sesuai apa yang akan kita harapkan," pinta Bupati Zaki, Rabu (19/10/2022).

Bupati menjelaskan ada dua lokus kunjungan untuk para delegasi pada PNLG Forum tersebut. Pertama adalah Desa Ketapang dan yang kedua Pantai Pasir Putih PIK 2 Kosambi.

Dua lokasi tersebut dipilih karena merepresentasikan kolaborasi dan kerja sama baik serta berkesinambungan antara Pemerintah Kabupaten Tangerang, pihak swasta maupun dengan pemerintah pusat dan provinsi.

"Mudah-mudahan kedua lokus tersebut nantinya bisa memberikan gambaran kepada seluruh anggota dan delegasi PEMSEA terkait dengan program penataan dan pembangunan wilayah pesisir di Kabupaten Tangerang," jelasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengungkapkan Pemkab Tangerang dan para mitra terus melakukan pembenahan, baik pembangunan maupun persiapan dalam rangka kegiatan PNLG Forum 2022.

Pada tanggal 20 nanti akan dilakukan monitoring dan evaluasi kembali di lokasi Ketapang, khususnya terkait mangrove dan penataan lingkungan hingga pemberdayaan masyarakat.

"Alhamdulillah saat ini bisa melihat secara langsung, bagaimana aktivitas masyarakat desa bisa menjalankan roda perekonomian dan kita juga sudah memberikan berbagai macam pelatihan dan bantuan bagi masyarakat sekitar," kata Sekda.

Sekda melanjutkan Dinas Koperasi juga sudah melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan potensi lokal seperti bagaimana mengolah hasil tangkapan ikan agar dapat dipasarkan dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi dan pembinaan kuliner untuk warga sekitar agar bisa lebih baik dan maksimal.

"Kami seluruhnya dan OPD akan datang kembali ke sana untuk merampungkan apa yang masih kurang dan apa yang perlu kita perbaiki sebelum pelaksanaan berlangsung. Semoga semuanya bisa berlangsung dengan baik dan sesuai harapan yang diinginkan oleh Pak Bupati dan kita semua," ujar Sekda.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kabupaten Tangerang, Ujang Sudiartono menjelaskan sebanyak 11 negara di Asia Timur mengirimkan delegasi untuk ikut event internasional Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asias (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG).

Delegasi 11 Negara tersebut rencananya akan berkunjung ke kawasan Urban Aquaculture di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang untuk melihat keberhasilan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam membangun ekosistem pesisir.

Mulai dari pemberdayaan masyarakat nelayan pesisir hingga ke peningkatan ekosistem pesisir seperti pengelolaan hutan mangrove di Desa tersebut.

“Akan ada 11 Negara Asia Timur yang nantinya akan datang ke Kabupaten Tangerang. Nanti di sana (Ketapng Urban Aqua Culture) pak Bupati akan menunjukan hasil dari pembangunan kawasan pesisir khususnya kepada konservasi mangrove yang menjadi andalan Kabupaten Tangerang sebagai proyek revitalisasi kawasan pesisir,” kata Ujang Sudiartono.

Dia mengatakan, para delegasi juga akan melihat fasilitas yang dibangun untuk kesejahteraan masyarakat seperti bedah rumah di Desa Ketapang. Saat ini, proses pembangunan di tempat tersebut sudah selesai kurang lebih 90 persen. 

"Kami berharap pembangunan tersebut selesai tepat waktu sehingga pada saat delegasi yang tergabung dalam PEMSEA datang ke Desa Ketapang segala fasilitas yang akan ditampilkan sudah bisa beroperasi 100 persen,” ujarnya.

Pos Berikutnya:
Dibongkar Mahfud
Menko Polhukam Mahfud MD. (Ist)
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo