TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Buang Jauh-jauh Niat Untuk Korupsi

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 22 Oktober 2022 | 09:10 WIB
Kiki Iswara Darmayana
Kiki Iswara Darmayana

JAKARTA - Sudah saatnya semua pejabat di negeri ini membuang jauh-jauh niat untuk korupsi. Buang jauh-jauh hasrat jadi makelar izin, makelar jabatan dan makelar proyek.

Mereka yang duduk di posisi strategis eksekutif, legislatif dan yudikatif harus jadi contoh hidup bersih dari korupsi.

Kita berharap, para pejabat di negeri ini menyadari bahwa perekonomian nasional akan menghadapi tantangan berat.

Apabila para pejabatnya lengah, gelapnya ekonomi global akibat badai resesi yang menerjang Eropa Barat, Amerika Serikat, Amerika Latin dan Afrika bisa merontokkan ekonomi negeri ini.

Perang Rusia-Ukraina telah menye­babkan ekonomi Inggris dan Perancis porak poranda. Inflasi melangit dan warganya mulai kesulitan untuk men dapatkan bahan pangan. Pasokan gas juga mulai tersendat. Sehingga mereka terancam kedinginan.

Kita berharap, para menteri, gubernur, walikota dan bupati fokus mengerjakan proyek pembangunan yang melibatkan rakyat kecil secara langsung.

Supaya, tidak ada anggaran yang bocor atau dicuri oknum pejabat nakal, KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan aparat Kejaksaan Agung wajib mengawasi secara ketat seluruh proyek pembangunan, baik di pusat maupun daerah.

Kita juga berharap, sebagian besar pembangunan infrastruktur jalan dan sarana irigasi dikerjakan dengan proyek padat karya. Ini penting supaya rakyat kecil bisa langsung mendapatkan uang dari proyek tersebut.

Dana proyek padat karya tak boleh dikorupsi. Tak boleh dicuri. Tak boleh disunat. Kalau ada oknum pejabat ter­bukti mencuri uang proyek padat karya, harus dipecat dan dihukum berat.

Ke depan ini, kita berharap, para men­teri terus mengingatkan bawahannya supaya menjauhi hal-hal berbau korupsi.

Kalau ada oknum pejabat yang tetap nekat memainkan uang negara, cepat laporkan ke KPK dan Kejaksaan Agung, sehingga bisa segera di-OTT (Operasi Tangkap Tangan).

Begitu pula, untuk hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan investasi, kepala daerah mesti berada di garis depan, dalam pemberantasan mafia perizinan.

Sekali lagi, karena ekonomi global tahun depan diramalkan gelap. Dengan tanda-tanda, inflasi melangit dan suku bunga bank merangkak naik, semua pejabat wajib membersihkan institusinya dari oknum-oknum yang gemar mencuri uang negara.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo