TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kerap Terjadi Macet, Lalu Lintas di Kampung Rawa Barat Direkayasa saat Jam Sibuk

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 24 Oktober 2022 | 16:34 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

PONDOK AREN, Rekayasa lalu lintas, mulai diterapkan di sepanjang Jalan Kampung Rawa Barat, Kelurahan Pondok Pucung, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (24/10/2022). 

Rekayasa lalu lintas satu arah (one way) ini diberlakukan, guna memecah konsentrasi kemacetan yang kerap kali terjadi di jalan tersebut. 

Lurah Pondok Pucung, Murdih menuturkan, rekayasa lalu lintas ini akan hanya dilakukan pada jam sibuk saja. 

"Bertepatan saat waktu orang berangkat dan pulang kerja. Dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, tertib, serta untuk melancarkan arus lalu lintas pada saat jam sibuk," ujar Murdih. 

Sebab saat kemacetan terjadi, perselisihan antar sesama pengemudi kerap kali terjadi. 


"Tujuannya, yaitu untuk meningkatkan keamanan dan  kenyamanan lingkungan karena saat ini sering terjadi kesalahpahaman sesama pengguna jalan roda empat yang satu sama lain tidak mau mengalah," terangnya. 

Murdih memaparkan, pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah ini nantinya akan mengatur volume kendaraan yang berlebihan ketika jam sibuk. 

"Pukul 06.00-10.00 WIB diberlakukan satu arah dari Jombang ke arah Senayan Bintaro, lalu pukul 10.00-16.00 WIB kembali berlaku normal atau dua arah. Kemudian Pukul 16.00-19.00 WIB berlaku lagi satu arah dari Senayan Bintaro ke Jombang, dan pukul 19.00-06.00 WIB kembali normal," paparnya. 

Pada penerapan perdananya kali ini, sejumlah petugas bersiaga di sepanjang jalan dalam rangka uji coba rekayasa lalu lintas ini. 

"Kami mengerahkan 10 personel yang terdiri dari Babinsa, Binamas, RT/RW, Karang Taruna, dan staf kelurahan," imbuhnya  

Selain uji coba penerapan one way, dalam kesempatan itu Murdih juga melakukan sosialisasi dan edukasi ihwal penataan lingkungan kepada para pedagang.

"Agar bijak dalam membangun dan memanfaatkan lahan usaha agar tidak mengganggu kendaraan yang melintas di area jalan tersebut. Harapannya adalah dengan diterapkannya pemberlakuan one way dan penataan lingkungan di lokasi tersebut, agar tercipta keindahan,  ketertiban lalu lintas dan terhindar dari kemacetan," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo