TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

PSSI Percepat KLB Setelah Terima Surat Dari Persis Solo Dan Persebaya

Laporan: AY
Sabtu, 29 Oktober 2022 | 13:30 WIB
Para Pengurus Persis Solo dan Pengurus Persebaya. (Ist)
Para Pengurus Persis Solo dan Pengurus Persebaya. (Ist)

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya memutuskan untuk mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB). Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, percepatan ini dengan mempertimbangkan surat yang dikirim dua anggota PSSI.

Iwan Bule-sapaan akrab Iriawan-memang tidak menyebut nama dua klub yang mengirim surat permintaan KLB. Tapi, hanya ada dua klub yang selama ini menyuarakan KLB, yaitu Persis Solo dan Persebaya Surabaya. Persis Solo sendiri dimiliki putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Persis Solo dan Persebaya Surabaya mendesak agar PSSI segera melakukan KLB sesuai rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan. Dalam rekomendasinya, TGIPF meminta PSSI segera mengadakan KLB untuk memilih kepengurusan baru.

TGIPF juga menilai ketua umum sekaligus jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI sepatutnya mundur. Hal itu dinilai sebagai bentuk pertanggung jawaban moral atas Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 yang menewaskan 135 orang.

Kembali ke Iwan Bule. Kata dia, sesuai bunyi Pasal 34 ayat 2 statuta PSSI tentang Kongres Luar Biasa, seharusnya sekurang-kurangnya 2/3 dari delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

"Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan Kongres Luar Biasa dalam jangka waktu selambat-lambatnya 3 bulan setelah proses verifikasi selesai. Namun, Exco PSSI memutuskan mempercepat Kongres Luar Biasa pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya,” ujarnya.

Menurut dia, Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI. Pelaksanaan KLB pun akan dimulai dengan mengirimkan surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres. 

"Tahapan KLB akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres. Surat pemberitahuan kepada FIFA akan kami sebarluaskan kepada rekan-rekan media pada hari Senin 31 Oktober 2022," tukas Iwan Bule.

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/zona-sport/146379/pssi-putuskan-klb-setelah-terima-surat-dari-persis-solo-dan-persebaya

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo