TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kembali Tembus World`s Best Airport Staff 2022

Hebat, Staf Bandara Soekarno-Hatta Masuk Daftar Terbaik Dunia

Oleh: HES/AY
Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:40 WIB
Dirut Angkasa Pura II M. Awaluddin beserta karyawan AP II. (Ist)
Dirut Angkasa Pura II M. Awaluddin beserta karyawan AP II. (Ist)

JAKARTA - Staf Bandara Soekarno-Hatta yang selalu berupaya menjaga attitude, friendliness, dan efficiency dalam melayani penumpang pesawat, kembali mendapat pengakuan global.

Skytrax, lembaga independen bidang aviasi yang berbasis di Inggris mengumumkan, Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II berada di peringkat 9, dalam daftar Best Airport Staff in Asia 2022 pada kategori World’s Best Airport Staff di ajang Skytrax World Airport Award 2022 Paris.

Atau naik satu peringkat dibanding pencapaian Bandara Soekarno-Hatta pada daftar Best Airport Staff in Asia 2021, yang kala itu hanya bertengger di posisi ke-10.

Hanya ada dua bandara ASEAN dalam Daftar Best Airport Staff in Asia 2022. Yakni Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi Singapura.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, daftar Best Airport Staff yang dirilis Skytrax menggambarkan baiknya kualitas staf di suatu bandara.

Indikatornya adalah sikap melayani, keramahan melayani dan efisien dalam melayani.

"Kami sangat bersyukur, di tengah tantangan hebat pandemi Covid-19 pada 2021, seluruh staf di Bandara Soekarno-Hatta dapat tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang pesawat," ujar Awaluddin dalam keterangannya, Sabtu (18/6).

"AP II bangga dan berterima kasih kepada seluruh frontliner, yang bekerja tanpa lelah dan tanpa pamrih, dalam memberikan yang terbaik bagi Bandara Soekarno-Hatta dan masyarakat," imbuhnya.

Penghargaan Best Airport Staff in Asia ini menilai kualitas dari seluruh staf frontliner di bandara. Seperti Staf Customer Service atau Info Counters, Staf Imigrasi, Staf Keamanan atau Aviation Security, Staf Tenant Komersial, dan staf lainnya yang langsung melayani pelanggan.

"Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta, yang telah memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” ucap Awaluddin.

Staf Operasional dan Pelayanan AP II di Bandara Soekarno-Hatta antara lain terdiri dari Staf Passenger Service, Terminal Inspection Service, Land Transportation assistance, Digital Service, Facility Care, Airport Helper, Golf Car Assistance dan Aviation Security.

Kemudian, terdapat juga staf dari maskapai yang bertugas di check in counter, boarding lounge, arrival gate/hall, lalu juga Staf Imigrasi, Bea dan Cukai, Karantina, lalu personel TNI/Polri, dan stakeholder lainnya.

Staf di Bandara Soekarno-Hatta melayani masyarakat antara lain di Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, Stasiun Kereta Bandara, dan shelter Kalayang atau Skytrain di masing-masing terminal serta di stasiun.

Sebelum pandemi Covid-19, staf Bandara Soekarno-Hatta melayani sekitar 60 - 70 juta pergerakan penumpang setiap tahunnya. Jumlah pergerakan penumpang sebanyak itu, menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia.

“Seluruh stakeholder mampu berkolaborasi dan berkoordinasi dengan baik. Sehingga, berhasil membawa Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-9 dalam daftar Best Airport Staff in Asia 2022. Ini sungguh merupakan pencapaian yang patut disyukuri, di tengah tantangan hebat pandemi Covid-19,” pungkas Awaluddin. (rm id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo