TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bereskan Pemain Kedelai, Terigu Dan Migor

Zul Mimpi Sikat Naga

Laporan: AY
Rabu, 02 November 2022 | 10:25 WIB
Menteri Perdagangan Zukifli Hasan saat sidak ke pasar tradisional. (Ist)
Menteri Perdagangan Zukifli Hasan saat sidak ke pasar tradisional. (Ist)

JAKARTA - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menargetkan, bisa membereskan para pemain kedelai, terigu dan minyak goreng alias migor yang selama ini memainkan harga. Dunia maya dan dunia nyata memuji keberanian Zulhas-sapaan Zulkifli Hasan-yang mimpi sikat para “naga”.

Kemarin pagi, Zulhas meninjau Pasar Kertek Wonosobo. Zulhas tampil dengan mengenakan kaos hitam lengan pendek yang dibalut dengan rombi berwarna biru. Zulhas tidak sendiri. Dia didampingi Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto dan Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PAN itu berdialog dengan sejumlah pedagang sembako, termasuk pedagang tahu dan tempe. Kepada Zulhas, para pedagang mengeluhkan mahalnya harga kedelai.

Mendengar keluhan itu, Zulhas meminta para pedagang untuk bersabar, karena harga kedelai masih akan tinggi dalam dua bulan ke depan. Menurutnya, harga kedelai baru akan turun pada Januari 2023 menjadi Rp 11 ribu per kg. Hal itu seiring dengan rencana Bulog yang akan impor kedelai sebanyak 350 ribu ton.

“Memang naik kedelai, tapi tadi kami rapat dipimpin Pak Presiden langsung. Bulog akan impor kedelai 300 ribu tambah 50 ribu, nanti tiba diperkirakan harganya Rp 11 ribu. Nanti kalau Rp 11 ribu, Bulog jualnya Rp 10 ribu, jadi subsidi Rp 1.000,” tutur Zulhas.

Tak sampai di situ. Ia juga blak-blakan kepada pedagang soal pemain besar kedelai, terigu, dan migor. Katanya, kedelai dan terigu dikendalikan oleh satu orang. Sementara migor dikendalikan oleh tujuh orang. Meski begitu, dia belum mau menyebutkan nama para pengendali bisnis sembako itu.

“Nah ini mulai kita bongkar agar memperluas ownership. Masa rakyat 270 juta diatur 1-2 orang. Kita benahi pelan-pelan,” janjinya.

Selain itu, Zulhas mengaku, dapat tugas khusus dari Presiden Jokowi untuk mengendalikan harga beras. Supaya tak naik tinggi, Perum Bulog harus membeli beras petani lebih mahal.

Sekarang dikasih tugas lagi harga beras. Harga beras nggak boleh naik banyak. Saya bilang, saya menghadap, apa perlunya, ‘Pak kalau beras nggak mau naik Bulog mesti beli. Beli dengan harga yang mahal,” cetusnya.

Keberanian Zulhas yang mau membongkar “naga” sembako didukung DPR. Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade meminta, Zulhas mengungkapkan ke publik siapa oknum pengendali terigu, kedelai, dan migor di Tanah Air.

“Jangan ditutup-tutupi, pak. Ini penting karena tiga bahan pokok tersebut menyangkut hajat hidup 270 juta rakyat Indonesia,” pintanya.

Andre mengatakan, pernyataan Zulhas semakin memperkuat dugaan publik terkait keberadaan kartel di balik meroketnya harga bahan pangan.

"Saya mendengar bapak mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk mengendalikan harga bahan pangan. Makanya bapak harus tegas,” pinta legislator Gerindra ini.

Peneliti Indef Sugiyono Madelan memastikan tugas Zulhas tidak mudah. Karena bukan sebatas jumlah pemainnya, melainkan negara maju di belakang perdagangan kedelai dan terigu. Begitu pula dengan kepentingan negara yang mengimpor migor, terutama dana bisnis besar dari pelaku perdagangan tersebut.

Namun, kata dia, melonjaknya harga sembako tidak sepenuhnya karena ada permainan. Melainkan oleh rendahnya produksi.

“Artinya, para pengusaha tidak fair kalau diperlakukan sebagai bandit-bandit perekonomian. Pemerintah bersama para stakeholder perlu saling bermusyawarah dari hati ke hati, untuk mencari jalan tengah solusi terbaik yang win-win solution,” katanya.

Warganet ikutan mengomentari pernyataan Zulhas. Akun @Gabut menyarankan agar Zulhas tidak memancing di air yang keruh. “Pak, jangan tendensius dong. Sudah mau pemilu nanti jadi kemana-mana permasalahan ini,” pesannya.

@abimandaru mempertanyakan solusi Zulhas mengatasi lonjakan harga-harga tersebut. “Katanya bisa nurunkan migor, terus kedelai naik minta subsidi. Apa gak ada solusi lain pak,” cuitnya. 

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/146872/bereskan-pemain-kedelai-terigu-dan-migor-zul-mimpi-sikat-naga

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo