TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Jokowi Effect Jaga

Elektabilitas Banteng Hasil Survei LSI Denny JA

Laporan: AY
Rabu, 02 November 2022 | 11:27 WIB
Peneliti LSI Ade Mulyana. (Ist)
Peneliti LSI Ade Mulyana. (Ist)

JAKARTA - PDIP Perjuangan masih menjadi juara dengan elektabilitas tertinggi pada bursa partai politik jelang Pemilu 2024.Ketokohan Presiden Joko Widodo dan penolakan wacana tiga periode menjadi faktor penting terhadap konsistensi keunggulan Banteng.

Hal itu terekam dalam hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terbaru yang dirilis kemarin. Diketahui, sekitar 15 bulan sebelum Pemilu 2024, PDI Perjuangan memimpin sementara di posisi pertama, diikuti Partai Golkar di peringkat kedua.

Peneliti LSI Denny JA, Ade Mulyana memaparkan, PDI Perjuangan dan Partai Golkar mendapatkan dukungan di atas 10 persen. Sedangkan partai lainnya masih di bawah 10 persen.

“Jika pemilu dilakukan pada saat survei dilakukan, PDI Perjuangan mendapatkan dukungan sebesar 20.9 persen. Posisi kedua, Golkar mendapatkan dukungan sebesar 14.5 persen,” ungkap Ade saat memaparkan hasil surveinya di Kantor LSI Denny JA, kemarin.

Di posisi ketiga, ada Partai Gerindra dengan elektabilitas 9.8 persen. PKS 8.3 persen, PKB 5.9 persen, dan Partai Demokrat dengan elektabilitas 5.4 persen. Partai-partai lainnya dukungan­nya masih di bawah 4 persen.

Dipaparkan Ade, dibanding­kan dengan persentase perolehan kursi Pileg 2019, hanya PDI Perjuangan dan Golkar partai yang pernah menang pemilu yang perolehannya mendekati suara pileg 2019.

Banteng pada saat Pileg 2019 mendapatkan persentase kursi sebesar 22.6 persen. Saat ini berada pada level dukungan 20.9 persen. Sedangkan Partai Golkar saat Pileg 2019 mendapatkan persentase kursi sebesar 14.78 persen, saat ini pada level dukungan 14.5 persen.

Dijelaskan, ada dua faktor yang menyebabkan elektabilitas Banteng masih bertahap di posisi teratas. Pertama, Jokowi masih populer. Jokowi masih amat identik dengan PDI Perjuangan. Kedua, Banteng menolak perpanjangan jabatan presiden dan presiden tiga periode.

“Penolakan Banteng terhadap dua isu tersebut sejalan dengan keinginan rakyat,” ujarnya.

Sementara pendongkrak elektabilitas Golkar adat tiga. Pertama, kepuasan publik terhadap penanganan Covid-19 capai angka 76.5 persen. Dua aktor utama penanganan Pandemi dari Golkar, yakni Airlangga Hartarto dan Luhut Panjaitan.

Kedua, publik optimistis ekonomi rumah tangga tahun depan lebih baik di atas 60 persen. Menteri Koordinator Ekonomi adalah Airlangga Hartarto yang merupakan Ketua Umum Golkar.

“Pendongkrak ketiga, Airlangga muncul sebagai game changer sekaligus trendsetter melalui Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Lahirnya KIB mengubah tren politik,” tuturnya.

Menanggapi hasil survei ini, Wakil Ketua Umum Bidang Kominfo DPP Partai Golkar Nurul Arifin mengaku senang. “Survei ini menurut kami sangat obyektif.

Kader Partai Golkar bekerja secara profesional dan loyal. Inilah yang ketua umum kami kerjakan dan kami teladani,” kata Nurul kepada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group) , kemarin.

Menurutnya, Airlangga telah sukses membantu pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Setidaknya di dua hal yang paling krusial. Yakni penanganan pandemi dan membangkitkan perekenomian selama dan pasca pandemi.

"Semuanya terbukti dan sukses dirasakan masyarakat,” ujar Nurul lagi.

Selain itu, terkait KIB bersama PAN dan PPP, sebagai koalisi yang paling awal dibentuk, diakui Nurul memang jadi pengubah permainan. KIB juga kini tetap solid dan terkendali ditengah isu perpecahan.

Survei nasional dilakukan tanggal 11 -20 September 2022 dan riset kualitatif. Survei nasional menggunakan 1200 respon­den di 34 Provinsi di Indonesia.

Wawancara dilaksanakan secara tatap muka (face to face inter­view). Margin of error (Moe) survei ini adalah sebesar +/-2.9 persen. Riset kualitatif dilaku­kan dengan analis media, Focus Group Discussion (FGD), dan indepth interview.

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/146862/jokowi-effect-jaga-elektabilitas-banteng-hasil-survei-lsi-denny-ja

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo