TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Paling Difavoritkan

Erick, Kalau Mau Bisa Jadi Bos PSSI

Laporan: AY
Senin, 14 November 2022 | 10:33 WIB
Erick Thohir. (Ist)
Erick Thohir. (Ist)

JAKARTA - Menteri BUMN, Erick Thohir paling difavoritkan masyarakat untuk menjadi Ketum PSSI menggantikan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Pengalaman dan jaringan Erick di dunia olah raga dan sepak bola, sudah tidak diragukan lagi. Erick akan lebih mudah menduduki kursi bos PSSI. Masalahnya, apakah Erick mau?

Tingginya dukungan publik pada Erick menjadi Ketum PSSI itu, bisa dilihat dari survei terbaru yang dilakukan lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) yang dipimpin Doktor Burhanuddin Muhtadi.

Survei bertajuk “Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI” ini, digelar pada 30 Oktober-5 November 2022 dengan mewawancarai 1.220 responden secara tatap muka.

Metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling dengan margin of error survei plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, dalam sejumlah simulasi, baik delapan nama semi terbuka, tiga nama, atau dua nama, Erick selalu menempati posisi tertinggi yang diinginkan responden untuk memimpin PSSI.

Kata Burhanuddin, Erick mendapat dukungan terbanyak yaitu 24,1 persen. Erick melampaui tokoh lain seperti Najwa Shihab, Kaesang Pangarep, Mahfud MD, Azrul Ananda, La Nyalla, hingga Ratu Tisha.

“Najwa Shihab nomor dua 10,4 persen, tapi selisihnya signifikan dibanding peringkat pertama,” kata Burhanuddin, dalam paparannya secara daring, kemarin.

Menurutnya, dukungan terhadap Erick berdasarkan pilihan tiap kelompok demografi, wilayah, sebagian besar penyuka olah raga, di tiap kelompok penggemar klub domestik, dan sebagian besar kelompok ormas.

“Menurut warga, Erick merupakan tokoh yang paling pantas menjadi Ketua Umum PSSI menggantikan Mochamad Iriawan. Erick cukup menonjol dibandingkan sejumlah nama lain, bahkan dibanding Iwan Bule sendiri,” ucapnya.

Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2019, Maruarar Sirait setuju dengan Burhan. Kata dia, Erick memang cocok menggantikan Iwan Bule. Alasannya, Erick punya integritas dan profesional. “Dia juga senang bola,” kata Ara--sapaan Maruarar, saat menghadiri rilis survei Indikator, kemarin.

Ara pernah bekerja sama dengan Erick dalam mengelola sepakbola Indonesia. Dalam gelaran Piala Presiden, Erick pernah dipercayai menjadi ketua organizing committee (OC). Bersama Erick, Ara berhasil menyelenggarakan kompetisi yang profesional, tanpa menggunakan dana APBN dan BUMN.

Ara optimistis wajah sepakbola Tanah Air akan mengalami perubahan jika PSSI dipimpin Erick. Ia berharap kepengurusan PSSI, terutama pengelolaan sepakbola Indonesia, bisa transparan. “Pilih Ketum PSSI yang mau terbuka, transparan. Buat laporan tiap bulan, uang masuk dan keluar,” imbaunya.

Pengamat dari Football Insitute, Budi Setiawan menyebut Erick memang salah satu tokoh yang paling difavoritkan untuk memimpin PSSI. Selain Erick, ada Hary Tanoesoedibjo dan Achsanul Kosasih. Menurut dia, tiga orang itu punya profil yang bagus.

Dari tiga sosok itu, yang dinilai paling pas adalah Erick. Alasannya, Erick mempunyai rekam jejak mumpuni dan pernah mengelola klub-klub sepak bola, termasuk Inter Milan.

“Artinya, kalau beliau jadi, minimal calon ketum, maka syarat punya jaringan nasional dan internasional sudah terpenuhi, ditambah dengan pengalamannya,” papar Budi.

Di dunia maya, warganet juga ikut memberikan dukungan agar Erick menjadi bos PSSI. Akun @sagita_star setuju Erick jadi pemimpin PSSI menggantikan Iwan Bule.

Persoalannya, sampai saat ini belum ada tanggapan dari Erick. Kata dia, kalau mau, Erick bisa jadi Bos PSSI. “Ini bukti adanya kepercayaan dari masyarakat kepada Pak Erick Thohir.

Menurut kalian bagaimana gaaes?” tanyanya meminta respons kepada pengikutnya. “Mantab,” balas @nggemawon. “Erick Thohir cocok sih menurut gw,” kata @NoniPuspaDewi1.

Akun @mulyana_yana juga setuju. Menurut dia, Erick memiliki pengalaman di sepak bola sebagai petinggi klub. “Beliau membangun brand Indonesia melalui klub Inter Milan, Italia,” tuntasnya.

Akun @sumadiwiria juga berpendapat sama. Namun, kalau memang nanti jadi Ketum PSSI, dia khawatir akan tumpang tindih dengan jabatannya sekarang.

“Cuma kalau emang beliau menjabat ya jangan tumpang tindih dengan jabatan yang sekarang,” imbuhnya.

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/zona-sport/148558/paling-difavoritkan-erick-kalau-mau-bisa-jadi-bos-pssi

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo