TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Di Nusa Dua Bali

Ibu Iriana Ajak Istri Kepala Negara G20 Tinjau Kearifan

Laporan: AY
Selasa, 15 November 2022 | 19:15 WIB
Ibu Negara Iriana (no 2 dari kiri) bersama para Istri Kepala Negara yang ikut dalam G20 sedang melihat tari tradisional Bali di Sofitel Bali, Nusa Dua. Foto ; Setpres
Ibu Negara Iriana (no 2 dari kiri) bersama para Istri Kepala Negara yang ikut dalam G20 sedang melihat tari tradisional Bali di Sofitel Bali, Nusa Dua. Foto ; Setpres

BALI - Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan pertemuan dengan para istri kepala negara anggota G20 dan lembaga internasional sebagai bagian dari rangkaian KTT G20 di Sofitel Bali, Nusa Dua Beach Resort, Selasa (15/11).

Dalam kegiatan itu, Iriana, yang mengenakan pakaian nusantara dipadukan kain tenun Bali, menyambut langsung dan bersalaman dengan para istri kepala negara setibanya mereka di lobi kedatangan.

"Selamat datang di Indonesia. Saya bahagia menyambut kehadiran Ibu dan Bapak di Pulau Bali," ujar Iriana mengawali sambutannya, seperti dilansir Antara, Selasa (15/11)

Satu per satu para istri kepala negara tiba di lobi kedatangan sekitar pukul 09.00 WITA, mulai dari istri Presiden Spanyol Maria Begona Gomez Fernandez, istri Presiden Turki Emine Erdogan, Istri Perdana Menteri Jepang Yuko Kishida, Istri Presiden Komisi Eropa Heiko von der Leyen, Istri Presiden Republik Korea Kim Keon-hee, dan Istri Presiden China Peng Liyuan.

Usai disambut dan bersalaman dengan Iriana, para istri pemimpin negara itu kemudian menuju ruang tunggu yang telah disediakan.

Dalam ruang tunggu tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Herliani Tanoesoedibjo dan Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Siti Nugraha Mauludiah menemani para istri pemimpin negara itu dengan menyaksikan demonstrasi kerajinan daun lontar, membatik, dan menenun.

Iriana mengatakan, dalam pertemuan tersebut para istri pemimpin negara diajak melihat dan ikut merasakan berbagai kearifan lokal yang dimiliki Indonesia, mulai dari hasil kerajinan hingga hidangan khas Indonesia.

Dia juga menjelaskan salah satu alat musik tradisional yang ditampilkan untuk menyambut kedatangan para istri pemimpin negara di tempat acara.

"Alat yang bernama gamelan ini alat yang terbuat dari bambu yang ramah lingkungan. Alunan harmoni suara ini dapat membawa kita seolah menyatu dengan alam dan menghasilkan harmoni. Harmoni ini adalah kehidupan masyarakat Indonesia yang rukun dan toleran di tengah perbedaan," ujar Iriana.

Dia berharap para istri pemimpin negara itu dapat menikmati waktu dengan baik selama berada di Bali sehingga dapat memperpanjang waktu kunjungannya di Indonesia.

"Saya yakin Bapak, Ibu akan jatuh cinta dengan Indonesia, dengan Bali," ujar Iriana.

Iriana kemudian mengajak para istri pemimpin negara ke halaman belakang Sofitel Bali untuk melihat berbagai aktivitas berbasis budaya dari sejumlah daerah di Tanah Air, seperti Mama Noken, musik gamelan, musik Rindik Bali, musik Gondang Batak, tarian Merak, anak-anak yang sedang bermain ular tangga, dan tarian Tor-tor.

Para istri pemimpin negara juga diajak melihat pameran produk anyaman dan sejumlah produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia. (AY/rm.id)

Komentar:
Berita Terkini
Pemkot Segera Tertibkan Kabel Internet
TangselCity
8 menit yang lalu
Viral Mobil Lawan Arah, Polisi Selidiki Nopol
TangselCity
1 jam yang lalu
Piala Asia U-23
Olahraga
9 jam yang lalu
Piala Asia U-23
Olahraga
11 jam yang lalu
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo