TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo
Topi Di Balik Ke Belakang

Pak Bas Jadi Fotografer

Laporan: AY
Kamis, 17 November 2022 | 10:33 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan gayanya menenteng kamera saat berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Marcon. (Ist)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan gayanya menenteng kamera saat berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Marcon. (Ist)

BALI - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sungguh multi talenta. Selain pintar membangun infrastruktur, pria yang akrab disapa Pak Bas ini juga jago motret.

Kebolehannya dalam memotret ditunjukkan Basuki saat kegiatan menanam mangrove para pimpinan negara G20 di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali, kemarin. Aksi Pak Bas ini mengundang decak kagum warganet.

Di acara ini, Pak Bas beraksi bagai fotografer sungguhan. Ia tidak risih berdesak-desakan dengan fotografer lain untuk mengabadikan momen tersebut.

Saat memotret, gaya Pak Bas cukup natural. Ia tampil dengan setelan kaos polo putih lengan pendek dipadu topi PU kesayangannya yang diputar ke belakang. Warnanya mulai kusam dimakan usia.

Selain natural, aksi fotografi Pak Bas juga cukup serius. Ia menenteng kamera DSLR dan lensa termos, yang ukurannya lumayan panjang. Sehingga terlihat begitu meyakinkan, bak fotografer kawakan.

Sesekali ia berjalan mundur di tengah kerumunan, membidik kamera ke arah para kepala negara G20 yang berkunjung ke Taman Hutan Raya Bali itu.

Hebatnya Pak Bas, sebagai pejabat negara, ia tak dihalau oleh Paspampres atau pengawal para kepala negara. Berbeda dengan fotografer lain, yang pada saat-saat tertentu keberadaan mereka dibatasi.

Dalam kondisi seperti itu, Pak Bas menang. Ia bisa dengan mudah menembus pengamanan dan mengabadikan momen-momen eksklusif dari jarak yang lebih dekat.

Seperti saat Presiden Amerika Serikat Joe Biden sedang menaiki tangga karpet merah di salah satu bangunan dalam Taman Hutan Raya Bali. Jika fotografer lain di luar bangunan, spot Basuki lebih mantap, ia bisa mendapatkan angle foto dari dalam bangunan.

Di dalam bangunan itu, ia berdiri sebaris dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya untuk menyambut kedatangan para kepala negara.

Bedanya, jika menteri lain menyambut para petinggi negara itu dengan senyuman dan sapaan. Pak Bas menyambutnya dengan jepretan kamera.

Aksi Pak Bas ini viral. Video yang memperlihat dia sedang mengabadikan gambar kegiatan para petinggi negara G20 tersebar luas di dunia maya. Banyak warganet yang memberikan pujian.

"Bener-bener menteri paling lawak, paling jago, paling multitalent dah pokoknya. Gue salut, tapi kocak emang nih orang," cuita @dahhhbocahh.

Akun @king_achel sampai membandingkan Pas Bas dengan Luhut, yang selama ini dikenal sebagai menteri serba bisa. "Pak Luhut pasti nggak bisa kayak begini," cuitanya.

Warganet lain terlihat terhibur dengan aksi Pak Bas. Mereka pun ramai-ramai membercandai Pak Bas.

"Kayaknya Pak Bas di Panpel G20 Summit merangkap jadi anggota seksi dokumentasi," cuit @RayMeliala, dengan emoji ketawa. "Pak Bas, habis acara fotonya jangan dijual di depan gedung ya, kayak fotografer wisudaan," kelakar @vitariaesther.

Sementara, akun @IvanPradibta khawatir jika ada awak media luar yang tidak mengenali Pak menanyai asal medianya. "Ini gua ngerinya disapa sama wartawan lain ditanya “media apa Pak?” guyonnya dengan gelak tawa.

Komentar akun @khusete juga cukup menggelikan. Ia mengaku khawatir kalau-kalau ada yang yang memanfaatkan momen tersebut jadi judul berita bombastis.

"Judul berita di koran kuning, ‘Gaji Menteri Kecil, Menteri Ini Bekerja Sampingan Sebagai Juru Foto," candanya.

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/149063/topi-di-balik-ke-belakang-pak-bas-jadi-fotografer

Komentar:
Kominfo
DPRD tangsel HUT kota tangsel
Dispora Tangsel
Perkim
RSU
DISPORA
dinkes
KOLLFEVER
ePaper Edisi 02 Desember 2022
Berita Populer
07
CAF Tangerang Sambangi Pusat Gempa Cianjur

Nasional | 1 hari yang lalu

10
RAPBD Pandeglang TA 2023 Anjlok

Pos Banten | 1 hari yang lalu

KEMERDEKAAN DPRD KOTA TANGSEL
KEMERDEKAAN CIPTA KARYA
PEMKAB PANDEGLANG
DINKES 1
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo