TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Porprov VI Banten 2022 Berakhir, Tangsel Capai Target dengan 379 Medali

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 29 November 2022 | 21:43 WIB
Penutupan Porprov VI. Foto : Mg.1
Penutupan Porprov VI. Foto : Mg.1

TANGERANG, Kota Tangerang Selatan berhasil mencapai targetnya di Porprov VI Banten 2022 yang secara resmi telah diakhiri di Stadion Benteng, Selasa (29/11/2022).

Tangsel berhasil mencapai peringkat ketiga dengan perolehan medali sebanyak 379 medali, di antaranya 99 medali emas, 119 perak, dan 161 perunggu. Total medali yang didapat oleh Tangsel, meninggalkan Kota Cilegon di peringkat keempat dengan 315 medali. 

Ketua Umum KONI Tangsel, Letkol TNI (Purn) Hamka Handaru, menjelaskan bahwa perolehan medali ini merupakan pencapaian terbaik dari Kota Tangerang Selatan selama dua ajang Porprov terakhir. 

“Tentunya ini hal yang sangat menggembirakan karena secara kualitas kita meningkat dan kuantitasnya juga meningkat dari Porprov 2014 dan 2018, ini adalah hasil yang terbanyak yang diperoleh oleh atlit Tangsel,” kata Hamka. 

Semua atlet yang bertanding mengharumkan nama Kota Tangerang Selatan di Porprov VI Banten, murni berdomisili di Tangerang Selatan. Sehingga, hal tersebut patut dibanggakan.

“Terbaik Alhamdulillah dengan atlit yang organik artinya kami tidak ada atlit yang dari luar Kota Tangsel, kita adalah the young guns, pasukan anak muda patriot-patriot olahraga asli dari Tangsel, jadi kita tidak ada yang dari luar, semuanya asli dari Kota Tangsel,” ungkapnya.

Dengan perolehan medali dan target untuk memperbaiki peringkat yang tercapai, cabang olahraga (cabor) panahan Tangsel patut diapresiasi lantaran menjadi penyumbang medali terbanyak untuk Kota Tangerang Selatan.

Cabor panahan berhasil mempertahankan kedudukannya sebagai juara umum di ajang Porprov. 

“Alhamdulillah kita punya yang memang ini luar biasa dari tahun ke tahun mempertahankan reputasi mereka sebagai juara umum di cabornya, yaitu panahan, panahan meraih 18 emas, 12 perak, 6 perunggu, ini yang terbanyak,” jelasnya.

Berakhirnya Porprov VI Banten 2022, membuat Kota Tangsel harus bersiap menjadi tuan rumah untuk Porprov selanjutnya di 2026. 

Tak tanggung-tanggung, KONI Tangsel bersama dengan para atlet, optimis menargetkan Kota Tangerang Selatan sebagai juara umum di ajang yang akan datang.

“Harus juara umum, itu pasti, saya yakin dengan para the young guns ini next mereka sudah sangat siap,” sambungnya. 

Meskipun Kota Tangerang Selatan belum memiliki stadion yang dapat memfasilitasi semua cabor untuk berlatih maupun bertanding, Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie yang juga hadir pada acara seremonial penutupan Porprov VI Banten 2022, menyatakan bahwa Tangsel siap untuk menjadi tuan rumah.

“Diskusi kecil di antara KONI dengan pemerintah kota sebetulnya sudah mulai dilakukan karena sinyal ini sudah kami terima beberapa waktu sebelumnya, persiapan-persiapan terus kita lakukan,” jelas Benyamin.

Sedikit demi sedikit persiapan sudah mulai dilakukan oleh Pemkot Tangsel bersama dengan KONI Tangsel. Tak hanya itu, mereka juga akan menggandeng pihak swasta untuk memfasilitasi Porprov yang akan datang.

“Kami juga mencatat venue-venue tempat-tempat apa yang ada di Tangerang Selatan, karena memang Tangsel tidak punya satu stadion yang integrasi seluruh cabang olahraga, kita akan mengikutsertakan pihak swasta, dari sekolah kita sudah banyak bicara dan mereka prinsipnya siap untuk tempat sarana olahraganya digunakan,” tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo