TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ganjar Ngaku Tak Banyak Prestasi

Laporan: AY
Jumat, 02 Desember 2022 | 13:23 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Ist)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Ist)

JAWA TENGAH - Ganjar Pranowo jadi trending di dunia maya. Gara-garanya, Presiden Jokowi menyebut pimpinan yang memikirkan rakyat itu, ciri-cirinya rambutnya berwarna putih.

Banyak warganet yang menebak tokoh yang dimaksud Jokowi adalah Ganjar, karena rambutnya putih semua. Ditanya soal itu, Ganjar merendah. Dia mengaku, tak punya banyak prestasi.

Saat pidato dalam acara relawan Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11), Jokowi mencirikan seorang pemimpin yang ideal. Sosok tersebut memiliki wajah berkerut dan rambut putih.

“Saya ulang. Jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya. Dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling bersih, tidak ada kerutan di wajahnya hati-hati. Lihat juga, lihat rambut rambutnya. Kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini,” terangnya.

Tak sedikit yang langsung menunjuk Ganjar sebagai sosok ‘Si Rambut Putih’ itu lantaran identik dengan rambut berwarna putih yang ada di kepala sang Gubernur Jawa Tengah itu.

Menjawab hal tersebut, Ganjar merasa dirinya bukan sosok pemimpin ideal yang disinggung Presiden. Ia merasa dirinya tak banyak berprestasi, dan bahkan menghitamkan rambutnya usai ramai istilah rambut putih berkat pidato Jokowi.

“Mungkin saya tidak punya terlalu banyak bakat yang hebat. Prestasi juga tidak banyak. Jadi gubernur juga tidak sukses. Tapi ketika ada banyak tekanan, saya tiba-tiba dituduh jadi si Rambut Putih. Wong yang punya rambut putih juga banyak kok,” seloroh Ganjar.

Apa tanggapan PDIP? Politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan, pernyataan Jokowi soal pimpinan ideal berambut putih tidak ditelan mentah-mentah. Menurutnya, hal tersebut merupakan guyonan politik.

Jadi, jangan diberi bobot serius. Bagi Jokowi, yang penting perhelatan Pemilu berjalan sukses, dengan caloncalon yang bersaing secara sehat dan bersahabat,” katanya, saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group), tadi malam.

Lalu, apa tanggapannya soal Ganjar yang merendah? Kata Hendrawan, yang terpenting dari semua kader PDIP, termasuk Ganjar harus bekerja dengan baik. Apalagi, mantan anggota DPR itu sudah lama kader bintang.

“Ganjar Pranowo itu kader senior, kader utama. Jadi pasti sudah tahu apa yang diharapkan dari dirinya sebagai kader,” imbuh Hendrawan.

Sementara, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mencoba mengkaji pernyataan Ganjar dari sudut pandang komunikasi politik. Menurutnya, di satu sisi, pernyataan Ganjar benar adanya.

Jika melihat dari prestasi gubernur se-Pulau Jawa, Ganjar lah yang terburuk. Mulai konflik yang mengemuka, kemiskinan meningkat, bahkan hal yang sifatnya dengan tata kelola, Jawa Tengah masuk kategori yang tidak baik.

Di sisi lain, pernyataan itu bukan lah pengakuan kegagalan. Melainkan upaya Ganjar membangun empati dan simpati publik. “Seolah-olah ia merendah. Padahal itu adalah kejujuran dan bisa dibuktikan secara statistik di Jawa Tengah,” ulas Dedi.

Terlebih, kiblat model politik Ganjar adalah Jokowi. Sejauh ini, Jokowi termasuk tokoh yang selalu merendah dalam aspek yang seolah-olah tak bisa bekerja. Namun pada kenyataannya, sebenarnya adalah realitas.

Netizen yang mendengar pernyataan Ganjar juga malah nyinyirin. “Sudah kita tahu, dia itu suka berbohong,” kata @Sabaraji4. “Ubannya bukan mikirin rakyat, tapi mikirin jabatan,” sahut @Boedi_Ajahe. Dan tidak di-endorse juga pak @ganjarpranowo harus natural. Kerja ya kerja. Cari masa ya cari masa. Ngerti kan pak,” sindir @rofiqnur.

“Betapa kami muaknya dengan gabener Ganjar di Jateng. Jalan aja kaya jalan kerbau,” kritik @LENTERAHATI79. “Lagian Ganjar hasil kerjanya apa sih? Cuma buat konten, banjir dimana-mana, tambah kasus Wadas dan lainnya,” cuitnya

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/151316/ganjar-ngaku-tak-banyak-prestasi

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo