TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga? Tergantung Kondisi Fisik Masing-Masing

Oleh: Mg1
Rabu, 21 Desember 2022 | 12:17 WIB
Olahraga pagi disekitar rumah. (Ist)
Olahraga pagi disekitar rumah. (Ist)

SERPONG - Makanan dan berolahraga, sangat berkaitan satu sama lain dan sama-sama penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. 

Beberapa orang lebih memilih makan setelah olahraga, beberapa sebaliknya. Namun secara umum, tidak ada aturan secara umum yang mengharuskan untuk makan sebelum ataupun sesudah olahraga. Semua tergantung pada kondisi fisik dan pilihan masing-masing.

Makan sebelum atau sesudah olahraga, memiliki keutamaan yang sama baiknya. Beberapa orang khawatir jika tidak makan tidak akan mendapatkan energi, yang lain khawatir akan merasa begah jika olahraga setelah makan.

Tidak semua orang bisa olahraga dalam keadaan perut kosong, tandanya mereka akan merasa kurang bertenaga, pusing, lemas, dan stamina yang tidak maksimal. Tak hanya itu, rasa lapar juga kerap menyerang dan membuat gula darah menurut saat olahraga.

Jika ingin makan sebelum olahraga, ada baiknya mengonsumsi makanan yang tinggi dengan karbohidrat. Kandungan ini bisa memberikan asupan energi yang dibutuhkan saat beraktivitas.

Makan pagi sehat. (Ist)

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat dengan indeks glikemik rendah seperti roti gandum, sereal, sayur, ataupun buah-buahan. Ada baiknya, makanan tersebut dikonsumsi 3 jam sebelum berolahraga. Namun apabila hanya memiliki waktu beberapa menit, disarankan hanya memakan buah-buahan.

Di satu sisi, makan setelah berolahraga pun juga tidak masalah. Seringkali, orang yang sedang menjalankan program diet lebih memilih untuk berolahraga dengan perut kosong. Hal ini dilakukan untuk membantu pembakaran lemak lebih banyak.

Lemak sebagai cadangan makanan tubuh manusia, akan terpakai ketika kita beraktivitas tanpa makan sebelumnya. Olahraga tanpa makan sebelumnya juga mampu mengontrol kadar gula darah, dengan sensitivitas insulin yang meningkat.

Sehingga, perdebatan antara olahraga dulu atau sarapan dulu, bergantung dari kondisi tubuh dan tujuan kebugaran masing-masing, yang terpenting adalah mengetahui jenis asupan yang dikonsumsi.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti tujuan berolahraga, durasi berolahraga, serta jarak waktu makan dengan waktu berolahraga. (NET)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo