TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Super Waspada Di Tahun Baru

Oleh: Kiki Iswara
Sabtu, 31 Desember 2022 | 08:08 WIB
Kiki Iswara
Kiki Iswara

TANGSEL - Tahun 2023 diramalkan jadi tahun yang sarat tantangan. Untuk itu, kita mesti bekerja lebih keras, lebih cermat dan lebih cerdas. Sejak awal tahun, ki­ta sudah harus lebih waspada, supaya selamat dari ancaman cuaca ekstrem.

Sekali lagi, waspada, waspada. Apalagi momen pergantian tahun kali ini berada di tengah ancaman cuaca ekstrem dan pandemi Covid-19 yang belum usai.

Kita berharap kegembiraan me­nyambut Tahun Baru tak berlebihan. Hindari kerumunan yang terlalu padat. Waspadai kemungkinan datangnya hujan lebat, disertai angin kencang.

Meski angka positif Covid terus melandai dan aturan PPKM (Pember­lakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sudah dicabut, kita berharap warga yang berlibur tetap menjaga protokol kesehatan (prokes). Jangan lupa pakai masker saat berada di tengah kerumunan.

Selama masa liburan Tahun Baru, aspek keselamatan wajib diutamakan, terlebih saat mobilitas warga tinggi.

Malam ini Sabtu (31/12) adalah malam Tahun Baru yang bakal me­mancing kerumunan warga karena euforia di tengah kondisi yang lebih leluasa.

Masyarakat dalam jumlah besar di­perkirakan akan memenuhi titik-titik keramaian acara dan tempat wisata. Sekali lagi, jangan lengah. Perhatikan prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG (Badan Meteorologi, Klima­tologi dan Geofisika).

Kita berharap, masyarakat tetap waspada menghadapi ancaman cuaca ekstrem hingga pertengahan Januari 2023.

Para pengelola tempat wisata juga wajib mengingatkan warga yang berwisata supaya selalu berhati-hati.

Kita berharap, pemerintah provin­si, kabupaten dan kota terus mengin­gatkan warganya agar selalu waspada menghadapi cuaca ekstrem.

Warga yang tinggal di sekitar wilayah rawan bencana juga harus selalu diingatkan supaya waspada. Bila ada tanda-tanda bakal turun hujan lebat disertai angin kencang, petu­gas tanggap bencana wajib bergerak memindahkan sementara warga ke tempat-tempat yang bebas banjir dan bebas tanah longsor.

Untuk mereka yang tinggal di bantaran sungai, perlu ada perhatian khusus. Kalau di hulu hujan lebat, cepat ungsikan mereka ke tempat-tempat yang lebih aman.

Kita juga berharap, untuk warga di lapisan bawah yang tidak bisa bekerja akibat cuaca ekstrem, pemda secepat­nya menyiapkan bantuan pangan.

Kalau di awal tahun, kita bisa mengatasi tantangan yang menghadang, maka selanjutnya, negeri ini juga akan mampu mengatasi berbagai hambatan baru yang muncul. Kuncinya, kerja keras, kerja cermat dan kerja cerdas.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo