TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mulai 2023, Sistem Satu Arah di Kawasan Serpong Diberlakukan

Oleh: Mg1
Sabtu, 31 Desember 2022 | 12:55 WIB
Uji coba simulasi lalu lintas. (Ist)
Uji coba simulasi lalu lintas. (Ist)

SERPONG - Sistem lalu lintas satu arah di kawasan Pamulang dan Serpong, mulai efektif diberlakukan pada awal tahun. 

Sebelumnya, sistem satu arah ini sudah diujicobakan di Serpong pada 20 hingga 23 Desember lalu. Kawasan Pondok Cabe pun juga akan direncanakan menggunakan sistem lalu lintas satu arah.

Uji coba opsi pertama, dilaksanakan pada 20-21 Desember 2022. Pada opsi ini, jalan antara persimpangan viktor hingga perempatan Muncul berlaku satu arah. Hal serupa juga berlaku dari arah Muncul ke Serpong hingga bundaran Tekno, lalu juga di Jalan Viktor arah Rawa Buntu ke arah Pamulang.

Sedangkan uji coba opsi kedua berlangsung 22-23 Desember 2022 lalu. Perbedaannya hanya pada Jalan Raya Puspitek, di mana kendaraan dari simpang empat Viktor menuju Muncul tetap dibuka untuk dua arah.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Tangsel, Topan, mengatakan bahwa sistem satu arah ini akan mulai diberlakukan pada periode awal tahun 2023.

“Dua-duanya sudah kita terapkan opsinya, kemungkinan nanti pemberlakuannya setelah Pam (pengamanan) Nataru. Jadi kemarin kita sudah bersepakat dengan beberapa unsur OPD, Kecamatan, Polres, dan yang lainnya. Kita sudah ada sebagian hasilnya, perbandingan dari 2 opsi tadi. Mudah-mudahan di awal tahun sudah ada informasi pemberlakuannya,” kata Topan, Sabtu (31/12).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa uji coba satu arah akan dilakukan di South City, Pondok Cabe ke depannya.

“Kemarin itu usulannya, South City di Pondok Cabe, kita mau uji cobakan juga. Kita juga nanti survei, kita pantau lewat drone mana volumenya yang padat, yang krusial, dialihkan ke mana. Kita masih rencana, memang setelah ini (Serpong) selesai kita akan fokus di sana,” ungkapnya.

Sistem lalu lintas satu arah ini merupakan upaya untuk mengurai kemacetan di jam-jam padat kendaraan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo