TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pj Gubernur Banten: UMKM Tulang Punggung Perekonomian Masyarakat

Laporan: AY
Minggu, 01 Januari 2023 | 14:47 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar pada acara Gebyar Expo UMKM di Alun-Alun Barat Kota Serang. (Foto : Humas Pemprov)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar pada acara Gebyar Expo UMKM di Alun-Alun Barat Kota Serang. (Foto : Humas Pemprov)

SERANG - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat. Pihaknya terus menggiatkan dan memperkuat UMKM di Provinsi Banten.

Hal itu diungkap Al Muktabar dalam Gebyar Expo UMKM dan Pameran Alutsista di Alun-Alun Barat Kota Serang. Sabtu, (31/12/2022).

Penutupan ini ditandai dengan penyerahan sertifikat Pelaku UMKM dan Jaminan Halal kepada 35 UMKM yang turut meramaikan expo oleh Al Muktabar dan Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna.

Al Muktabar mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kolaborasi antara masyarakat dan Pemerintah dalam mengupayakan Pembangunan Banten.

Hal itu dibuktikan dengan tingginya antusiasme masyarakat untuk mengunjungi expo UMKM dan pameran tersebut. Serta tingginya tingkat keamanan yang menjadi salah satu indikator utama dalam pelaksanaan kegiatan ini.

“Secara volume booth stand ini luar biasa meningkat dari hari pertama mampu menarik kunjungan yang luar biasa. Dan saya pun tidak mendengar hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa dikatakan bahwa keamanan yang diterapkan di sini baik,” kata Al Muktabar seusai menutup kegiatan.

Al Muktabar menjelaskan, banyaknya transaksi yang dilakukan pada kegiatan ini. Secara tidak langsung mampu mendorong perkembangan ekonomi di Provinsi Banten yang ditandai dengan perubahan pada beberapa sektor.

“Kegiatan UMKM ini akan terus kita upayakan dan menjadi tulang punggung bagi Provinsi Banten yang harapannya akan terus berjalan dalam membangun Banten,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Al Muktabar berpesan kepada para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan produk-produk nya. Agar masyarakat Banten bisa menikmati produk lokal yang diproduksi oleh masyarakat Banten itu sendiri.

“Dan saya berharap, para pelaku UMKM yang ada di sini semuanya bisa lebih mengembangkan produknya sendiri. Sehingga dari kita oleh kita untuk kita,” ungkapnya.

Salah satu pelaku UMKM warga Kelurahan Domas, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Yayah (49) pemilik usaha makanan olahan dari ikan payus (Bontot) mengaku sangat terbantu dengan adanya gebyar expo UMKM ini.

Dengan adanya kegiatan ini, ia bisa mengembalikan modal dengan cepat dan mampu mengetahui minat pasar secara luas. Sehingga ia bisa lebih meningkatkan kualitas produk agar lebih diminati oleh masyarakat.

“Alhamdulillah, sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Yang biasanya saya butuh beberapa hari buat ngabisin jualan ini sehari habis dan modal juga balik,” jelasnya.

Adapun warga lain Novianti (38), pengunjung asal Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengatakan sangat senang dengan adanya kegiatan gebyar expo ini.

Selain sebagai pengenalan produk-produk lokal. Kegiatan ini juga bisa digunakan sebagai tujuan liburan dan hiburan murah meriah.

“Di sini kita bisa mencoba makanan-makanan yang belum pernah dicoba, dan kebetulan hari libur kita boyong semua ke sini,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan pada penghujung tahun ini, bisa dinikmati oleh masyarakat Banten dari segala usia.

“Dengan mendengar arahan dari pak Penjabat (Pj) Gubernur Banten, kegiatan yang tepat dilaksanakan pada hari libur ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Banten dan memberikan dampak yang baik pada bagi kita semua,” jelasnya.

Tatang berharap, dengan antusiasme yang tinggi pada kegiatan ini masyarakat Banten mampu bersatu dan mendukung produk-produk lokal sehingga mampu mengangkat harkat dan martabat Provinsi Banten.

“Melihat masyarakat Banten yang banyak hadir di sini, saya percaya bahwa kita bisa menghadapi dinamika yang akan terjadi. Apapun itu kita harus tetap tumbuh agar industri kreatif lebih tumbuh dan berkembang. Karena kita keren memakai brand lokal,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo