TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Soal Cawapres

Koalisi Anies Masih Belum Ketemu Titik Terang

Laporan: AY
Rabu, 04 Januari 2023 | 09:45 WIB
Ilustrasi koalisi Anies Baswedan. (Ist)
Ilustrasi koalisi Anies Baswedan. (Ist)

JAKARTA - Koalisi NasDem, Demokrat, dan PKS, yang mau mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 masih beda jalan. Khususnya, antara Demokrat dan NasDem.

Demokrat ingin agar deklarasi koalisi sepaket dengan pengumuman bakal cawapres pendamping Anies. Sedangkan NasDem maunya nama cawapres Anies “disembunyikan” dulu.

Ketua DPP NasDem Willy Aditya menegaskan, pihaknya ingin mendeklarasikan cawapres pendamping Anies dilakukan terpisah. Sebab, NasDem ingin terlebih dulu mengetahui kekuatan lawan jika telah mendeklarasikan capres dan cawapres.

"Kenapa NasDem tidak deklarasi satu paket, karena biar cawapres menjadi elemen surprise," kata Willy, kemarin.

Anggota Komisi XI DPR itu tak masalah jika parpol mitra koalisi menginginkan deklarasi capres dan cawapres dilakukan sepaket. Namun, yang jelas, poros Koalisi Perubahan telah menyepakati cawapres harus memiliki efek elektoral.

"Variabel pemenangan harus ada di sosok cawapres. Itu yang kemudian menjadi preferensi NasDem. Jadi, kalau Demokrat mau deklarasi satu paket, ya nggak apa-apa, itu kan preferensi Demokrat dan itu kita hargai. Namun, keputusan akhir nanti bisa kita rembuk bersama yang mendampingi Mas Anies," tambahnya.

Meski masih beda jalan, Willy meyakini, rencana mengusung Anies akan tetap berjalan mulus. Dia pede, Anies akan mendapatkan 'tiket' atau syarat presidential threshold yaitu sebesar 20 persen kursi di DPR, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pemilu.

Willy pun pede, penentuan capres dan cawapres yang akan diusung NasDem bersama poros koalisi sudah didapat maksimal pada Juni 2023.

"Capres-cawapres itu paling telat Juni sudah ada lah," imbuhnya.

Sebelumnya, Demokrat meminta koalisi segera mendeklarasikan capres dan cawapres secara bersamaan. Untuk cawapresnya, Demokrat terus berusaha mendorong ketua umum mereka, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyatakan, deklarasi capres-cawapres dari partainya akan dilakukan di awal tahun ini.

"Awal tahun adalah awal yang baik untuk memulai sesuatu yang baru,” ujar Herzaky.

Sekretaris Majelis Tinggi Demokrat Andi Mallarangeng juga memberi sinyal partainya akan segera deklarasi capres-cawapres jagoannya di awal tahun ini. Dia mengklaim, komunikasi dengan NasDem dan PKS semakin dekat.

"Mudah-mudahan awal tahun ini kami bisa selesaikan dan deklarasikan capres dan cawapres bersama,” ucap mantan Menpora ini.

Sama seperti Herzaky, Andi juga belum memberi bocoran tanggal deklarasinya. Yang jelas, sebutnya, tidak di bulan ini. “Ya, kalau Januari kan masih banyak orang libur, jadi sesudah itulah,” lanjutnya.

Andi pun pede, Koalisi Perubahan akan memilih AHY sebagai calon orang nomor 2 di negeri ini. “Ya, harus optimis dong. Kalau mau menang, ya harus sama AHY,” tegasnya.

Pengamat politik dari Universitas Airlangga Prof Kacung Marijan melihat, komitmen di Koalisi Perubahan belum terbentuk. Itu dibuktikan dari sikap NasDem dan Demokrat yang masih berbeda jalan dalam penentuan bakal cawapres pendamping Anies.

"Fatsun politiknya beda-beda. Belum ada kata sepakat. Takut bubar kalau diputuskan segera," ucap Kacung, saat dihubungi Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group) kemarin.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo