TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ribuan Warga Belum Punya Sanitasi Layak, Pemkot Tangsel Siapkan Septic Tank Biotech

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 19 Januari 2023 | 18:23 WIB
Ilustrasi jamban apung
Ilustrasi jamban apung

SERPONG - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) tengah menyiapkan pemasangan septic tank biotech bagi ribuan warga yang terdata belum memiliki akses sanitasi yang layak. 

Sebab faktanya, masih terdapat sekitar 1.789 warga Tangsel yang tersebar di seluruh kecamatan belum memiliki sanitasi yang layak. Hal tersebut pun terlihat berbanding terbalik jika dibandingkan dengan perkembangan wilayah yang kini seolah semakin maju. 

Kabid Air Minum dan Air Limbah Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Tangsel, Budi Rachmat menerangkan, program pemasangan septic tank biotech ini merupakan cara yang ditempuh guna menanggulangi persoalan air limbah di wilayah termuda se-Banten ini. 

Program ini, kata Budi, merupakan upaya pemerintah guna menekan angka stunting. 

"Dari data yang bersumber dari Dinas Kesehatan (Dinkes) itu ada 1.789 yang tidak ada tempat BAB-nya (sanitasi-red) sesuai standar. Semuanya tersebar di tujuh kecamatan," ujar Budi saat diwawancarai, Kamis (19/1/2023). 

Sebelum pemasangan septic tank itu dilaksanakan, pihaknya akan melakukan survei terlebih dahulu. Tujuannya supaya program pemasangan septic tank tersebut dapat berjalan dengan tepat sasaran. 

"Betul ada atau enggak segitu (1.789 warga-red), karena data itu belum dicek fisiknya. Nanti di tahun ini kita upayakan untuk memasang (septic tank-red) biotech. Bukan septic tank manual," lanjutnya. 

Budi menyebut, bantuan pemasangan septic tank ini akan diberikan kepada setiap warga terdata. 

"Nanti bantuannya itu semacam itu, satu rumah satu. Jadi nanti posisinya sudah terpasang," tuturnya.

Sementara itu berdasarkan data yang Ia miliki, Kecamatan Setu menjadi wilayah paling banyak yang warganya belum memiliki akses sanitasi yang layak. Dengan jumlah mencapai 458 keluarga. 

Selanjutnya, yakni wilayah Serpong dengan 339 KK, Pamulang sebanyak 315 KK, Pondok Aren denhan jumlah 307 KK, Serpong Utara 210 KK, Ciputat 94 KK, dan terakhir Ciputat Timur yang hanya berjumlah 66 KK. 

Program bantuan pemasangan septic tank biotech ini, rencananya bakal mulai berlangsung pada Februari, bulan depan. 

"Ini akan serentak. Saya inginnya e-katalognya Februari jadi bisa langsung berjalan. Sekarang lagi saya pilah-pilah. Intinya yang memenuhi syarat, bahannya juga kita cek yang punya sertifikat ISO, dan lain-lain," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo