TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Sejak 21 November 2022, Sudah 487 Kali Bergetar

Gempa M4,3 Cianjur Hari Ini Dipicu Aktivitas Sesar Cugenang

Laporan: AY
Selasa, 24 Januari 2023 | 09:39 WIB
Peta Lokasi gempa Cianjur, Selasa (24/1). (Ist)
Peta Lokasi gempa Cianjur, Selasa (24/1). (Ist)

CIANJUR - Wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya diguncang gempa tektonik bermagnitudo 4,3, Selasa (24/1) pukul 02.45.01 WIB. 

Menurut penjelasan Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter terletak pada koordinat 6.82 LS dan 107.07 BT. Berlokasi di darat pada jarak 7 km arah barat laut Kabupaten Cianjur, dengan kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.

Gempa ini dirasakan di wilayah Cikalongkulon, Cipanas, Sukabumi, Cianjur, Warungkondang, dan Karangtengah dengan akala intensitas III - IV MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Pada siang hari, gempa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Purwakarta, gempa terasa dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Di Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok dengan skala untensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan, akibat gempa tersebut.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 21 November 2022 hingga Selasa 24 Januari 2023 pukul 03:15 WIB, total gempa di wilayah Cianjur mencapai angka 487.

BMKG mengimbau masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG, yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps InfoBMKG. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo