TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Dukung Gibran, Bapaknya Gibran Dukung Prabowo

Laporan: AY
Kamis, 26 Januari 2023 | 09:36 WIB
Prabowo Subianto dan Gibran saat berlatih kuda. (Ist)
Prabowo Subianto dan Gibran saat berlatih kuda. (Ist)

JAKARTA - Hubungan Presiden Jokowi dengan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto bukan lagi sekedar bos dengan bawahan. Kedua tokoh yang sempat 2 kali bertarung sengit di Pilpres itu, kini sama-sama saling mendukung. Prabowo dukung putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, untuk maju calon gubernur. Sementara bapaknya Gibran dukung Prabowo sebagai capres.

Sejak memutuskan bergabung dengan Kabinet Indonesia Maju, hubungan Jokowi dan Prabowo kian dekat. Di berbagai acara, keduanya kerap pamer keakraban. Bahkan Jokowi beberapa kali memberikan pernyataan dukungan kepada Prabowo yang akan maju lagi sebagai capres di Pemilu 2024.

Kebaikan Jokowi itu kemudian dibalas oleh Prabowo. Ketua Umum Partai Gerindra itu, terang-terangan mendukung Gibran yang tengah bersiap  “naik kelas” sebagai gubernur. Dukungan itu disampaikan langsung saat Prabowo bertemu Gibran dalam kunjungan kerjanya ke Kota Solo, 2 hari lalu.

"Kalau saya (ditanya), saya dukung. Saya kira dari dulu saya dukung," kata Prabowo di Solo, Jawa Tengah, Selasa (24/1).

Menurut Prabowo, Gibran memiliki komitmen yang tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat. Sepak terjang Gibran selama menjadi Wali Kota Solo, diakui Prabowo, banyak memberikan capaian yang membanggakan.

"Kalau saya tidak lihat usia ya. Yang penting pengabdiannya. Kalau kita lihat dulu pemimpin-pemimpin muda-muda semua kok, pemimpin-pemimpin republik dulu," tambahnya.

Prabowo juga membebaskan Gibran untuk menentukan, provinsi mana yang akan jadi ladang perjuangannya di Pilkada 2024 nanti. Kata dia, baik di DKI Jakarta maupun Jawa Tengah, Prabowo memastikan akan tetap dukung Gibran. Karena dia yakin, Gibran akan jadi jawaranya.

"Dua-duanya (DKI Jakarta dan Jawa Tengah) beliau cocok. Dua-duanya pasti berhasil," imbuh dia.

Sementara, Gibran pun membenarkan dukungan Prabowo terhadap dirinya untuk maju di Pilgub 2024. Gibran bilang, dukungan itu diutarakan Prabowo saat bertemu empat mata dengannya di Loji Gandrung, Selasa (24/1) malam.

"Ya ada dong (pembicaraan pilgub), mosok ora ono wis ngobrol empat mata ra mbahas kui, ya rugi dong (masa tidak ngobrol sudah ngobrol empat mata tidak membahas itu ya rugi). Saranke maju, genah wis dijelaske ndek wingi (sudah disampaikan kemarin), maju," sebut Gibran, kemarin. 

Dalam pertemuan itu, Gibran sempat meminta pertimbangan kepada Prabowo apakah akan maju Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

"Pasti harus (meminta pertimbangan), (DKI atau Jateng) Yo wis kui," sambungnya.

Dukungan yang disampaikan Gerindra juga diaminkan oleh anak buahnya di Gerindra. Anggota Badan Pemenangan Pemilu Gerindra, Ade Rezki Pratama menegaskan, partainya akan mendukung keputusan Gibran untuk maju sebagai calon gubernur. Alasannya, Gibran sebagai pemimpin dari generasi muda memiliki visi dan misi mumpuni dalam memimpin daerah.

"Mau di DKI atau Jateng, beliau (Prabowo) siap mendukung," ucap Ade Rezki dalam keterangan yang diterima di Jakarta, kemarin.

Selain itu, Gibran memiliki karakter ketokohan dan pengelolaan pemerintahan yang baik selama menjabat sebagai orang nomor satu di Solo.

"Beberapa waktu lalu, Mas Gibran sudah berkunjung ke kediaman Pak Prabowo. Ini membuat situasi sangat baik dan kondusif. Gerindra membuka peluang terhadap dukungan bagi Mas Gibran di 2024," tambahnya.

Dia bilang, Prabowo memberikan kesempatan terhadap kader-kader partai maupun tokoh eksternal untuk menjadi kepala daerah. Seluruh rakyat Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam berpartisipasi memajukan bangsa dan negara.

"Pak Prabowo memberikan ruang bagi pemuda Indonesia, termasuk kepada Mas Gibran, dalam rangka rencana ke depan. Apakah dalam kontestasi Pilkada tahun depan, Gerindra sambut baik kinerja yang dilakukan Walikota Surakarta sejauh ini," beber dia.

Apakah ini bentuk timbal balik politik? Direktur Eksekutif Trias Politik Strategis, Agung Baskoro menilai wajar jika Prabowo mendukung Gibran nyagub. Terlebih, Gibran membutuhkan partai politik untuk menyukseskan niatnya nyagub.

"Di saat yang sama Prabowo sedang berharap restu Presiden Jokowi," terang Agung kepada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group), kemarin.

Menurut Agung memang sudah waktunya bagi Prabowo menggembirakan hati Jokowi. Salah satunya bisa dengan memberikan tiket nyagub untuk anaknya. Sebagaimana dulu yang pernah dilakukan Prabowo terhadap Jokowi di Pilgub DKI tahun 2012.

"Prabowo akan dapat poin plus di mata Jokowi jelang Pilpres. Belum lagi kalau Gibran mampu menyakinkan bapaknya, agar Jokowi memberikan restu tunggalnya hanya kepada Prabowo," tekannya.

Namun, dia mengingatkan Jokowi agar menghindari hutang politik. Jangan sampai hanya Prabowo yang mendukung Gibran. Sedangkan Jokowi tidak mendukung niat pencapresan Prabowo.

"Bila ini terjadi, kelak Gibran pasti akan mencari-cari cara untuk melunasinya," tukas dia. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo