TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Kepincut Masuk Dunia Politik

Kaesang Ibarat Anak Gadis Cantik, Banyak Yang Melirik

Laporan: AY
Jumat, 27 Januari 2023 | 09:15 WIB
Kaesang Pangarep dan Presiden Jokowi. (Ist)
Kaesang Pangarep dan Presiden Jokowi. (Ist)

SOLO - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, kepincut terjun di dunia politik. Kaesang ingin mengikuti jejak kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, yang saat ini menjabat Wali Kota Solo.

Keinginan Kaesang terjun ke dunia politik diungkap Gibran usai meng­hadiri groundbreaking Museum Budaya, Sains dan Teknologi Bengawan Solo dan Moxy Hotel by Marriot di Jalan Ki Hajar Dewantara, Rabu (25/1).

Gibran mengatakan, Kaesang menga­takan sendiri kepadanya dan Jokowi, saat pulang ke Surakarta.

“Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ke­tertarikan di politik (jabatan eksekutif)” ujar Gibran.

Meski demikian, Gibran belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

“Saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu. Ini penjajakan dulu,” katanya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan Kaesang meneruskan kepemimpinannya sebagai wali kota Solo, Gibran enggan menjawab.

“Yo ra ngerti (Ya nggak tahu). Tekono (tanyakan) Kaesang. Tergantung de’e ngko milih kota apa ya (dia nanti memilih kota apa),” kata Gibran.

Gibran menegaskan, tidak akan mengintervensi keputusan adiknya di bidang politik. Dia memberi kebebasan penuh kepada Kaesang memilih partai.

“Kaesang aja yang memutuskan. Beda partai boleh, sama boleh, independen boleh. Semua bagus,” kata Gibran.

Keinginan Kaesang terjun ke dunia politik disambut antusias beberapa par­tai. Mereka berlomba-lomba mengajak suami Erina Gudono itu untuk masuk ke partai.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono membuka lebar pintu Gerindra untuk Kaesang apabila ingin bergabung. Dia bilang, Gerindra senantiasa mendorong, serta mengajak generasi muda Indonesia untuk peduli dan aktif di dunia politik.

Senada, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidhowi membuka pintu bagi Kaesang untuk bergabung ke partainya. PPP tak hanya terbuka pada Kaesang, juga kepada siapa saja yang berminat gabung ke partai ber­lambang Ka’bah itu.

Begitu juga dengan PDIP. Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengajak Kaesang bergabung menjadi kader PDIP. Dia bilang, politik bagi anak muda selama ini cenderung dijauhi karena persepsi terhadap politik yang kurang baik.

Akun @Bungsu_P_Sinabutar mema­hami banyak parpol yang menyambut antusias keinginan Kaesang Pangarep masuk dunia politik. Dia mengibaratkan Kaesang seperti anak gadis cantik mau masuk usia dewasa.

“Banyak pria berupaya menarik perha­tian sang gadis,” katanya. “PDIP merupa­kan rumah politik terbaik bagi Kaesang Pangarep,” ujar @Miqdadhusein.

Akun @Kenkenang mengatakan, sah-sah saja Kaesang terjun ke dunia politik karena bukan dikasih jabatan oleh bapaknya. “Kalau masyarakat suka dan milih dia, mau apa? Ga suka, ya gak usah dipilih,” imbuhnya.

Senada, @Gandawa mengatakan, Kaesang berhak terjun ke dunia politik, seperti Gibran Rakabuming dan Bobby. Dia bilang, keluarga Jokowi dan Jokowi sendiri juga punya hak dan kewajiban yang sama dalam politik.

“Semua orang punya hak, men­calonkan dan dicalonkan,” tegas @MardaniAliSera.

Menurut @MardaniAliSera, masuknya Kaesang ke dunia politik bagus buat anak muda. Tapi, lanjut dia, walau bagaimanapun mesti diterapkan asas keadilan. “Seorang anak Presiden pu­nya privilege yang tidak dimiliki pemuda lain,” kata dia.

Akun @blantik_pedhet1 mengatakan, keinginan Kaesang masuk ke dunia politik merupakan haknya dan tidak bisa dihalang-halangi karena dilindungi undang-undang.

“Mau anak Presiden, anak lurah, anak kyai, anak pendeta, selagi warga negara Indonesia berhak atas pilihan politiknya,” tandasnya.

Sementara, @Uqeman tidak setuju Kaesang terjung ke dunia politik. Dia bilang, ini terkait etika, bukan semata soal boleh dan tidak boleh.

Kata @NurdinA28, hak siapa saja boleh berpolitik. Tapi secara etika moral tak sesuai dengan narasi-narasi yang mereka bangun selama ini.

“Pemimpin harus punya etika dan moral, agar bisa menjadi contoh kepada bawahan maupun rakyatnya,” imbuh @Buzzer_tobar.

Akun @renolhere masih ingat betul dulu alasan Kaesang tidak mau terjun ke politik. Yaitu, karena “duit”nya kecil. Sekarang, Kaesang sudah tersadarkan bahwa politik adalah mesin uang sesungguhnya.

“Kaesang terjun ke dunia usaha saja karena keahliannya di situ,” saran @adamori_g.

“Anda cukup berbisnis aja, jangan ikut-ikutan kepincut berpolitik,” saran @Fipaath. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo