TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Indonesia Gercep Bantu Turki, Erdogan Ucapkan Terima Kasih

Laporan: AY
Jumat, 17 Februari 2023 | 19:20 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Turki saat acara G20 di Bali.
Presiden Jokowi dan Presiden Turki saat acara G20 di Bali.

JAKARTA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Indonesia yang menjadi salah satu negara yang gercep alias gerak cepat dalam mengirimkan bantuan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, ucapan terima kasih tersebut disampaikan pada Presiden Jokowi lewat sambungan telepon.
"Presiden Erdogan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh rakyat Indonesia dan juga pemerintah yang telah memberikan bantuan yang diperlukan untuk penanganan pascagempa di Turki," ujar Retno, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (17/2).

Retno menambahkan, Indonesia merupakan negara pertama di ASEAN yang mengirim bantuan ke Turki. Selain itu, apresiasi terhadap RI juga karena turut membantu evakuasi beberapa warga negara dari ASEAN.

Menurut Retno, rumah sakit lapangan yang didirikan Indonesia sudah mulai beroperasi. Helikopter yang disediakan juga sudah siap membantu untuk membantu angkutan logistik. Saat ini, masih ada satu kloter bantuan lagi yang akan diberikan oleh Indonesia ke Turki dan Suriah.

Kemarin Bapak Presiden juga sudah melakukan komunikasi secara virtual dengan tim yang berasal dari Turki dan menanyakan bantuan kita. Alhamdulillah semuanya sudah sesuai dengan rencana," lanjut Retno.
Tidak hanya mengenai bantuan, Retno mengungkapkan, perwakilan Indonesia di Turki maupun Suriah tetap terus melakukan pelacakan terhadap WNI korban bencana di kedua negara itu. Saat ini, sudah ada dua orang meninggal berstatus ibu dan anak, dan ada beberapa orang yang harus dirawat. Namun, mengenai jumlahnya, saat ini belum bisa dipastikan karena kondisi di lapangan yang dinamis.

"Dari waktu ke waktu memang terjadi dinamika, dalam arti yang dirawat mungkin sudah sembuh dan sebagainya," terang Retno.
Hingga hari ini, tim KBRI terus memberikan kabar terbaru dan terus berupaya mencari dan memberikan bantuan logistik yang diperlukan oleh para WNI yang terdampak gempa. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo