TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Amali Resmi Mundur

Beredar 4 Nama Calon Menpora

Laporan: AY
Jumat, 10 Maret 2023 | 09:40 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Ist)
Menpora Zainudin Amali. (Ist)

JAKARTA - Zainudin Amali resmi mengirimkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kepada Presiden Jokowi. Lantas siapa yang akan gantikan Amali sebagai Menpora? Saat ini, beredar 4 nama politisi muda Golkar yang dijagokan menjadi calon Menpora yang baru.

Surat pengunduran diri itu, disampaikan langsung Amali ke Istana Negara, Jakarta, kemarin pagi. Sayangnya, saat datang ke Istana, Amali tidak bertemu dengan Jokowi.

Kebetulan kemarin, Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Surat itu, kemudian dititipkan Amali pada Menteri Sekretariat Negara, Pratikno.

“Saya menyampaikan surat permohonan pengunduran diri dari posisi saya sebagai Menpora. Ini masih berupa surat. Saya memang masih harus bertemu Bapak Presiden,” ucap Amali, di kawasan Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Rencananya, Amali yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, akan bertemu Jokowi hari Senin (13/3). Tujuan utamanya bertemu Jokowi untuk berpamitan. Apakah akan merekomendasikan nama pengganti ke Jokowi?

“Itu hak prerogatif Bapak Presiden,” tegasnya.

Namun, dia berharap, siapa pun yang nanti menggantikannya bisa melanjutkan sejumlah program yang sudah dikerjakannya. Salah satunya, melanjutkan pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Khususnya di bidang olahraga kita punya Perpres No 86/2021 dan Undang-undang Keolahragaan, itu yang harus segera didorong, misalnya undang-undang perlu turunannya, PP (Peraturan Pemerintah) dan sebagainya itu harus,” sebut Amali.

Dia mengingatkan, karena sudah berjalan, maka DBON harus didorong dan dipicu untuk implementasinya. Selain itu, Amali juga mengingatkan sejumlah kegiatan multievent yang akan berlangsung, yaitu SEA Games di Kamboja dan Asian Games di China pada 2023 serta Olimpiade di Paris, Prancis pada 2024.

Siapa Menpora Baru?

Sementara itu, di internal Golkar ini muncul 4 nama yang dijagokan bakal gantikan Amali sebagai Menpora. Keempatnya adalah kader-kader muda Golkar. Mereka adalah Dito Ariotedjo, Putri Komaruddin, Ilham Permana hingga Maman Abdurahman.

Juru Bicara Partai Golkar, Tantowi Yahya membenarkah, partainya sudah mengirimkan nama-nama calon pengganti Amali kepada Jokowi. Namun, nama yang diajukan ada 3, bukan 4 seperti yang banyak beredar.

“Selanjutnya, sepenuhnya di tangan Presiden. Golkar sudah menyerahkan tiga nama sesuai yang diminta,” sebut Tantowi.

Siapa saja? Wakil Ketua Umum Golkar Nurul Arifin mengungkapkan sejumlah ciri-ciri kader Golkar yang bakal diusulkan menjadi Menpora menggantikan Amali. Nurul mengatakan, beberapa ciri-ciri tersebut yakni seseorang yang berusia muda dan mampu bekerja sesuai harapan.

“Yang jelas anak muda yang potensial, yang sanggup bekerja, dan fokus dan seusai dengan harapan,” imbuh Nurul, Senin (27/2).

Ketua DPP Golkar, Dave Laksono mengaku tidak ingin berspekulasi siapa kader Golkar yang akan menjadi pengganti Amali di kabinet. Dia menyerahkan sepenuhnya keputusan pengangkatan menteri kepada Presiden.

“Tergantung kehendak Presiden dan kesepakatan bersama Ketua Umum Golkar Pak Airlangga Hartarto,” kata Dave saat dihubungi Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group) kemarin.

Di dunia maya, munculnya wacana anak muda bakal menjadi Menpora mendapat sambutan hangat dari warganet. “Saatnya Menpora diisi oleh anak muda atau pecinta olahraga raga atau paham menejemen, dan lain-lain,” cuit @SiMaauung. “Semoga aja penggantinya Menpora anak-anak muda yang mengerti olahraga,” timpal @Steven47004591.

Hal serupa diaminkan @FMNovendra. “Semoga Menpora yang baru adalah Menpora yang betul-betul anak muda atau mantan atlet, paling bagus anak muda yang mantan atlet. Kader Golkar kan banyak yang kaya gini,” tukas dia. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo