TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hadapi Pesta Politik 2024, Sekda Tangsel Wanti-wanti ASN Tetap Netral

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 14 Maret 2023 | 19:48 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

CIPUTAT - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Bambang Noertjahjo mewanti-wanti seluruh pegawai dan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitas. Terutama menjelang pesta politik Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang. 

Menurutnya, tensi panas merupakan hal yang wajar tiap kali perhelatan pesta demokrasi berlangsung di wilayah termuda se-Banten ini. Namun syukurnya, hal tersebut dapat terbendung dan diantisipasi dengan baik.

Hal tersebutlah, kata Bambang, menjadi catatan yang harus diperhatikan menjelang pesta demokrasi 2024 mendatang. Termasuk juga netralitas pegawai dan ASN di lingkup Pemkot Tangsel. 

"Tentu kami melalui perangkat daerah selalu menekankan semua aparatur (ASN-red) agar tidak dalam posisi berpihak, karena bagaimana pun kami bagian dari penyelenggara. Itu ya kita jaga betul," ujar Bambang saat diwawancarai, dikutip Selasa (14/3/2023). 

Keberpihakan seorang ASN, lanjut Bambang, dilarang keras di dalam aturan dan mekanisme perpolitikan yang berlaku. 

"Jelas ada mekanisme regulasi. Tiap tahun akan keluar satu kata atur tegas, jika ASN tersebut terbukti. Misalkan dia tidak netral. Ada tahapan yang harus dilalui. Bahkan sampai pemecatan," tegasnya. 

Atas hal itu, Ia mewanti-wanti kepada seluruh pegawainya untuk tetap menjaga netralitasnya, serta tidak berpihak ke mana pun selama momentum pemilu serentak dan Pilkada berlangsung tahun depan. 

"Saya Sekretaris Daerah, Saya imbau, bagaimanapun ini pesta demokrasi. Kita bagian penyelenggara Pemilu. Syaratnya satu, hak politik tetap bisa dijalankan itu tidak terpengaruh. Tapi jangan pernah lakukan satu langkah kegiatan yang nanti dapat terkategori sebagai bentuk kegiatan," imbaunya. 

Hal serupa pun turut disampaikannya kepada masyarakat umum. Ia menginginkan agar perhelatan Pemilu 2024 mendatang menjadi ajang suka cita bangsa. 

"Karena bagaimana pun ini pesta, pesta demokrasi. Jadi sambut dengan suka cita, bukan dengan marah-marah," pungkasnya. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo