TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemkot Diminta Jaga Stabilitas Harga Di Ramadan

Oleh: Idral Mahdi
Rabu, 15 Maret 2023 | 07:38 WIB
ANGGOTA DPRD KOTA TANGSEL FERDIANSYAH
ANGGOTA DPRD KOTA TANGSEL FERDIANSYAH

SETU - Kurang dari 2 pekan lagi, bulan suci Ramadan tiba. Seperti sudah tradisi, harga kebutuhan pokok pun naik. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel diminta bisa menjaga stabilitas harga di pasar.
 "Pemkot Tangsel harus dapat melakukan langkah-langkah preventif agar daya beli masyarakat tetap terjadi baik. Informasi yang beredar saat ini, sudah ada beberapa komoditas pangan yang harganya mulai naik, di antaranya cabai dan juga bawang. Tidak menutup kemungkinan komoditas lainnya pun akan mulai merangkak naik," ujar Anggota Komisi II DPRD Kota Tangsel, Ferdiansyah.
 Ferdi mengatakan, sudah semestinya Pemkot Tangsel melalui dinas terkait untuk segera turun ke pasar untuk melakukan pengecekan harga-harga bahan pokok dan komoditi lainnya yang sudah mulai naik. "Pemkot Tangsel melalui Dinas Ketahanan Pangan harus melakukan survei pasar terkait kondisi terkini segala kebutuhan pangan untuk masyarakat," tegasnya.
 Dia melanjutkan, operasi pasar menjadi suatu keniscayaan yang harus dilakukan oleh Pemkot Tangsel, ketika nantinya barang-barang kebutuhan pokok untuk masyarakat mulai naik harganya.
 "Kita harapkan Pemkot Tangsel melalui dinas terkait harus dapat menjaga supply dan demand dari bahan-bahan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat sejak jauh-jauh hari agar stabilitas harga bahan pokok dapat terjaga," ungkapnya.
 Diberitakan sebelumnya, sejumlah kebutuhan pokok mulai naik mendekati puasa. Menurut Yatno, pedagang di Pasar Jelupang, kenaikan komoditas cabai sendiri memang selalu terjadi setiap momen tahunan itu. Kemudian, bawang juga jadi produk yang turut melambung.
 Jika harga cabai terbilang tinggi hingga sekitar 50 persen. Sebelumnya, cabai dijual pedagang pasar di kisaran Rp 60 ribu per kilogram, namun kini melonjak tajam hingga mencapai Rp 100 ribu per kilogram. 
 Kemudian, untuk jenis bawang merah dan bawang putih rata-rata mengalami kenaikan sebesar Rp 5 ribu per kilogramnya. Untuk bawang putih, harga sebelumnya Rp 30 ribu perkilogram, kini naik menjadi Rp 35 ribu. 
 Sedangkan, bawang merah sebelumnya Rp 35 ribu kini menjadi Rp 40 ribu. “Harga normal bawang putih Rp 30 ribu kini menjadi Rp 35 ribu, sedangkan bawang merah Rp 35 ribu, kini menjadi Rp 40 ribu, dan sayuran mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo