TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Diungkapkan Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel

Serius Berinvestasi, Pebisnis Jepang Kunjungi Proyek IKN

Laporan: AY
Selasa, 04 April 2023 | 14:04 WIB
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (kedua kanan) saat menjamu Penasihat Senior The Building Center of Japan Hiroto Izumi (kedua kiri) dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi (kiri). (Ist)
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (kedua kanan) saat menjamu Penasihat Senior The Building Center of Japan Hiroto Izumi (kedua kiri) dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi (kiri). (Ist)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel menerima rombongan pengusaha Jepang di rumah dinasnya, Jalan Denpasar, Jakarta, Minggu (2/4). Pengusaha top Jepang itu sehari sebelumnya berkunjung ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Gobel mengatakan, kunjungan rombongan Jepang merupakan realisasi atas pertemuan sebelumnya di Tokyo. Pada Sabtu (1/4), rombongan pengusaha Jepang melakukan kunjungan ke titik nol lokasi pembangunan IKN di Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Ini menunjukkan keseriusan Jepang berinvestasi dan terlibat dalam pembangunan IKN dan sebagai wujud persahabatan dan saling percaya antara kedua negara,” kata Gobel.

Kunjungan rombongan pengusaha Jepang ini didampingi Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Sumadilaga, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

Ada juga, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim dan Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin.

Sedangkan delegasi pengusaha Jepang dipimpin Hiroto Izumi, Penasihat Senior The Building Center of Japan, Japan Bank for International Cooperation. Hadir juga Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi.

Para pengusaha Jepang tersebut tergabung dalam Japan International Association for the Industry of Building and Housing (JIBH). Kunjungan mereka ini merupakan kelanjutan dari kunjungan delegasi Indonesia ke Jepang pada akhir Februari 2023.

Delegasi Indonesia saat itu dipimpin Gobel yang didampingi Kementerian PUPR dan Otorita IKN.

Dalam kunjungan ini, selain ke titik nol, para pengusaha Jepang itu berkunjung ke proyek pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi yang akan menyuplai kebutuhan air IKN. Mereka juga berkunjung ke proyek pembangunan Istana Presiden dan ke hunian para pekerja konstruksi.

Keesokannya, Minggu (2/4), rombongan pengusaha Jepang tersebut diterima di rumah dinas Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel.

Gobel mengatakan, pembangunan IKN memiliki konsep ramah lingkungan smart city.

“Jepang memiliki pengalaman dalam pembangunan kota yang hijau, ramah lingkungan dan menerapkan teknologi yang maju. Jadi, sangat cocok jika Jepang berpartisipasi dalam pembangunan IKN ini,” katanya.

Gobel mengatakan, pembangunan IKN selain untuk mengurangi beban ekonomi dan bebas sosial yang ditanggung Jakarta dan kota-kota lain di Jawa, juga sekaligus menciptakan pemerataan ekonomi bagi kawasan timur Indonesia.

Dengan demikian, katanya, pembangunan dan pemindahan IKN ini akan meningkatkan dan menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Yang juga tak kalah strategisnya adalah konsep IKN ini akan menjadi model bagi kota-kota lain di Indonesia, khususnya soal konsep ramah lingkungan dan smart city,” katanya.

Gobel berharap, publik tak terpaku pada sikap politik dalam melihat pembangunan dan pemindahan IKN ini.

“Tapi lihat sisi sosial, ekonomi dan hal-hal strategis lainnya bagi masa depan Indonesia. Ini akan menjadi warisan berharga bagi generasi muda Indonesia dalam membangun optimisme dan nilai-nilai yang bersifat progresif serta positif. Kita harus terbuka dan objektif dalam melihat IKN,” katanya. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo