TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kloter Pertama, Ganjar Berangkatkan 8 Gerbong Kereta Mudik Gratis Rute Jakarta-Kutoharjo

Laporan: AY
Selasa, 18 April 2023 | 12:55 WIB
Gubernur Jawa Tengah ketika berada di Padar Senin ditengah pemudik .   Foto : Ist
Gubernur Jawa Tengah ketika berada di Padar Senin ditengah pemudik . Foto : Ist

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melepas keberangkatan 8 gerbong kereta api mudik gratis untuk rute Jakarta - Kutoharjo di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Selasa (18/4).

Total 8 gerbong KA Kutojaya Utara tersebut mengangkut total 640 peserta mudik gratis yang merantau di Jabodetabek. Keberangkatan ini adalah kloter pertama dari 3 kloter yang akan dilepas Ganjar pada Selasa (18/4) siang dan sore.

Dalam pelepasan itu, Ganjar sempat berbincang dengan para peserta mudik gratis. Ganjar mengatakan, mereka bahagia karena bisa bertemu keluarga di tanah kelahiran.

“Kita senang melihat masyarakat bisa mudik gratis, mereka bisa bertemu keluarga lagi dan relatif kalau dengan kereta api lebih nyaman sebenarnya,” kata Ganjar di lokasi.

Selain membantu masyarakat membutuhkan pulang kampung, Ganjar menyebut mudik gratis pakai kereta api ini juga bertujuan untuk mengurai kemacetan di jalan raya. Terlebih arus mudik sudah mulai memasuki puncaknya.

“Maka kita harapkan dengan kereta api relatif banyak yang bisa diurai dari segi kemacetan dibanding mereka yang menggunakan kendaraan umum di jalan raya,” katany

Ganjar pun menitipkan salamnya kepada keluarga para peserta mudik gratis di kampung halaman. Ganjar berharap mereka berbahagia karena dapat merayakan Idulfitri bersama keluarga di tanah kelahiran.

“Mudah-mudahan nanti yang siang dan sore juga lancar sehingga mereka bisa bertemu keluarga dengan bahagia dan bisa merasakan Idulfitri nanti bersama keluarga,” kata Ganjar

Sementara itu salah satu peserta mudik gratis bernama Suratman mengucapkan terima kasih kepada Ganjar. Suratman merasa bangga memiliki pemimpin yang membantu rakyat kecil lewat program mudik gratis ini.

“Alhamdulillah sudah sampai ke Senen ini dapat kereta yang gratis. Terima kasih atas bantuannya ke rakyat kecil, sangat bangga (kepada Ganjar),” katanya.

Suratman mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini. Pasalnya, warga dengan tujuan mudik Purwokerto itu sudah pensiun dari perusahaan swasta dan kini tidak memiliki penghasilan.

“Sudah pengangguran bapak, sudah tidak ada penghasilan. Mudah-mudahan saya sehat dan panjang umur sehingga bisa ketemu lagi (dengan Ganjar),” katanya.

Adapun, peserta mudik gratis pakai kereta di kloter kedua dan ketiga akan diberangkatkan lewat Stasiun Senen dengan KA Menoreh dan KA Jaka Tingkir.

Sebelumnya, Ganjar telah melepas warga Jateng yang mudik gratis pakai bus di Medan, Palembang, Lampung, dan Jakarta. Ganjar juga memfasilitasi mudik gratis pakai kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara yang sudah berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang pada Minggu (16/4). (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo